ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN MUATAN PELAJARAN IPS PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p547-561

Abstract

ABSTRACT

The purposes of this research is (1) to find out the eligibility level description contents of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" and thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school, (2) to find out the eligibility level supporting content learning of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" and thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school, (3) to find out the eligibility level presentation of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" and thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school. This research is quantitative descriptive. The source of the data in this research is the thematic book 3 "Figure and Discovery" and the thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student elementary school. The instrument used in this research is a check list. Data collection using the techniques of questionnaire. Data analysis techniques using technical analysis documents. The results of this research show that the eligibility level description contents of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" VI grades student of elementary school get percentage 93,78%. The percentage in the very good category. And thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school get percentage 84,78%. The percentage in the good category. The eligibility level supporting content learning of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" VI grades student of elementary school get percentage 95,63%. The percentage in the very good category. And thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school get percentage 97,61%. The percentage in the very good category. The eligibility level presentation of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" VI grades student of elementary school get percentage 98,41%. The percentage in the very good category. And thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school get percentage 98,75%. The percentage in the very good category.

 

Keywords: Content Eligibility, Presentation Eligibility, Social Lesson, Thematic Book.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kelayakan uraian isi muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar, (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan isi pendukung pembelajaran muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar, (3) untuk mengetahui  tingkat kelayakan penyajian muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni instrument berupa daftar cocok atau check list. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan uraian isi muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapatkan persentase sebesar 93,78%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Sedangkan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 84,78%. Persentase tersebut pada kategori baik. Tingkat kelayakan isi pendukung pembelajaran muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 95,63%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Sedangkan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 97,61%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan penyajian muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 98,41%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Sedangkan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 98,75%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Ilmu Pengetahun Sosial, Buku Tematik.

Author Biography

Dyoty Auliya Vilda Ghasya, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Akbar, Sadun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta.

Creswell, W. J. (2009). Research Design (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Farisi, Mohammad. (2012). Buku Teks sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru IV. Tangerang: Universitas Terbuka.

Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfa Beta.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sapriya. (2006). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan H.G & Tarigan D. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Ghasya, D. A. V. (2017). ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN MUATAN PELAJARAN IPS PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 547–561. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p547-561
Abstract views: 1196 , PDF Downloads: 647