Analisis Implementasi Model Kooperatif tipe STAD dalam Peningkatan Motivasi Belajar Kelas 3
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p230-237Keywords:
Learning model, STAD, MotivationAbstract
Bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi belajar peserta didik Sekolah Dasar di Kelas 3, penelitian ini dilakukan melalui implementasi model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achieviment Division) dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini yakni seluruh anggota kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Benowo 1, Surabaya dengan 28 peserta didik tahun ajaran 2024-2025. Jenis penelitian bersifat kualitatif menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode DBR (design-based research). Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, kuesioner serta dokumentasi fisik. Penelitian menunjukkan hasil dnegan adanya peningkatan dalam motivasi belajar peserta didik, dimana sebelum tindakan sangat rendah dengan persentase 72%, dan meningkat sesudah tindaskan menjadi sangat baik dengan persentase 82%.
References
Adnyana, M E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Indonesia Jurnal Of Educational Development. 1(11).
Cahyani. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Depok
Santoso, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka SMP di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 8(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. ALFABETA
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Boston: Allyn & Bacon.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

