Analisis Implementasi Model Kooperatif tipe STAD dalam Peningkatan Motivasi Belajar Kelas 3

Authors

  • Elsa Agustin S Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Ummi Salamah SDN Benowo 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p230-237

Keywords:

Learning model, STAD, Motivation

Abstract

Bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi belajar peserta didik Sekolah Dasar di Kelas 3, penelitian ini dilakukan melalui implementasi model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achieviment Division) dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini yakni seluruh anggota kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Benowo 1, Surabaya dengan 28 peserta didik tahun ajaran 2024-2025. Jenis penelitian bersifat kualitatif menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode DBR (design-based research). Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, kuesioner serta dokumentasi fisik. Penelitian menunjukkan hasil dnegan adanya peningkatan dalam motivasi belajar peserta didik, dimana sebelum tindakan sangat rendah dengan persentase 72%, dan meningkat sesudah tindaskan menjadi sangat baik dengan persentase 82%.

References

Adnyana, M E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Indonesia Jurnal Of Educational Development. 1(11).

Cahyani. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Depok

Santoso, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka SMP di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 8(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. ALFABETA

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Boston: Allyn & Bacon.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

S, E. A. ., Rahmawati, I. ., & Salamah, U. . (2024). Analisis Implementasi Model Kooperatif tipe STAD dalam Peningkatan Motivasi Belajar Kelas 3. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p230-237
Abstract views: 76 , PDF Downloads: 75