Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p248-254Keywords:
Flipbook, learning outcomes, elementary student, problem based learningAbstract
This research aims to determine whether or not there is an influence of the PBL model assisted by flipbook media on mathematics learning outcomes regarding perimeter and area of ??flat shapes in class IV students at SDN Kranjingan 3 Jember. The research design used in this research is a quasi-experimental research design (Quasi Experiment). The data analysis technique used in this research is the t-test analysis technique. Whether or not there is an influence of the PBL model assisted by flipbook media on learning outcomes. From the research results, it is known that the PBL model assisted by flipbook media has a significant positive influence on mathematics learning outcomes regarding perimeter and area of ??flat shapes in class IV students at SDN Kranjingan 03.
References
Amir, A. 2014. Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01).
Aperta, M., Amini, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1025-1032.
Asrifah, S., Arif, A., V. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183-193.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2018. Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Awaludin, Aulia Ar Rakhman, et al. 2021. Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Eskris, Y. 2021. Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Kelas V SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 43-52.
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5), 79-88.
Haryanti, F., Saputro, B. A. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Segitiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147-161.
Hasan, M., et al. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Jalinus, N., Ambiyar. 2016. Media dan Sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Jusmawati, et al. 2020. Model-model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit: Samudra Biru.
Jusmawati, et al. 2020. Model-model Pembelajaran di Sekolah Dasar. DI Yogyakarta: Samudra Biru.
Khoerunnisa, P., Aqwal, S. M. 2020. Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-27.
Lisanti, S. 2017. Model Problem Based Learning pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(1).
Marlina, M. Pd, et al. 2021 Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Masyhud, M. Sulthon. 2015. Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Masyhud, M. Sulthon. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Masyhud, M. Sulthon. 2021. Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Muis, M. 2020. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Teori dan Penerapannya. Jawa Timur: Gramedia Communication.
Mulyadi, D. U., Wahyuni, S. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 296-301.
Nabillah, T., Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., dan Simarmata, E. J. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625.
Nanda, R. T., Zainil, M. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 345-355.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., Bentri, A. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. 2020. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.
Nurdyansyah, Fahyuni, Eni F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nuryani, L., Abadi, I. G. S. 2021. Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 247-254.
Oktaviana, D., Prihatin, I. 2018. Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.
Pangastuti, P. N., Sulasmono, B. S., dan Setyaningtyas, E. W. 2019. Efektivitas Discovery Learning dan PBL pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif Siswa di SDN Karangduren 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 92-100.
Rahmadani, Taufina. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938-946.
Rizqi, M, Yulianawati, D., dan Nurjali. 2020. Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(2), 43-47.
Sari, W. N., Ahmad, M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826.
Sudirman, Zanthy, L. S. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MA Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Journal on Education, 1(2), 198-206.
Supiandi, M. I., Julung, H. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.
Wiryanto, W. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.
Yasa, P. A. E. M., Bhoke, W. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(2), 70-75.
Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. UMMPress.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

