Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas II SDN Tanjung Jati 1 Bangkalan

Authors

  • Reskiya Ramadani Universitas Trunojoyo Madura
  • Nurhalisa Nurhalisa Universitas Trunojoyo Madura
  • Banun Haidzir Amirul Hakim Universitas Trunojoyo Madura
  • Tri Nidia Kusumawardani Universitas Trunojoyo Madura
  • Oky Ayu Stevani Universitas Trunojoyo Madura
  • Ahmad Sudi Pratikno Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p173-179

Keywords:

Quantitative, Outdoor Learning, Influence, Poetry, SPSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas II di SDN Tanjung Jati 1 Bangkalan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-experimental dengan desain one-group pre-test post-test design, dengan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi catatan lapangan, dan lembar tes kemampuan menulis puisi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan reabilitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t paired sample T-test dengan bantuan program SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diteliti perhitungan uji-t paired sample T-test dapat diketahui bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00, sedangkan taraf signifikansinya sebesar 0,05. dengan berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan yaitu: jika signifikansi <0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pada uji pengaruh metode outdoor learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa dikelas II SDN Tanjung Jati 1 Bangkalan.

Author Biographies

Reskiya Ramadani, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurhalisa Nurhalisa, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Oky Ayu Stevani, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Bernstein. (2000). Pedagogy, Symbolic Control and Identity: Theory, Research, Critique (Revised Edition). Oxford: Rowman & Littlefield.

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran e-learning di masa pandemi (S. P. Aksara (ed.)). Surabaya: Pustaka Aksara.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengajian fiksi, in UGM Press

Oktavia, W. (2019). Analisis kesulitan menulis puisi bebas. jurnal pendidikam, 04(02), 70-75 https://journal.unesa.ac.id/indexphp/jp/article/view/4031/33/35

Santrock. (2013). Adolescence (Fifteenth). McGraw-Hill Education.

Sudarma, P. (2020). Mengupas Puisi. CV Media Educations.

Sudrajat, & Akhmad. (2014). Pendekatan Pembelajaran Holistik di Sekolah Dasar (IX). PT Raja Grafindo Persada.

Taringan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Wardoyo, S.M. (2013). Teknik menulis puisi: panduan menulis puisi untuk siswa,mahasiswa,guru, dan dosen. In Bubungan Tinggi: jurnal Pengabdian Masyarakat. Yogyakarta Graha Ilmu. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10188

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Ramadani, R., Nurhalisa, N., Hakim, B. H. A. ., Kusumawardani, T. N., Stevani, O. A., & Pratikno, A. S. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas II SDN Tanjung Jati 1 Bangkalan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3), 173–179. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p173-179
Abstract views: 144 , PDF Downloads: 96