Penerapan Media “KARTA” Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Menentukan Ide Pokok kelas 5

Authors

  • Faridah Winarsudi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p180-186

Keywords:

Main Ideas, KARTA Learning Media, Class V Students

Abstract

ABSTRAK

The purpose of this research is to determine the ability to improve determining the main ideas of students in class 5 of SDN Polehan 2 by applying the KARTA learning media. The method used is the PTK method, with data collection techniques using observation and test techniques. The analysis technique used is calculating the implementation of learning using card media. The research data shows that in the application of KARTA media in cycle I, there were 7 students who got scores above the KKM in the initial test with a percentage of 30.34% and in cycle II no one got a score below the KKM in the final test with a percentage of 86.95%. Based on the results of research that was carried out after being given action using the KARTA learning media there was an increase.

Keywords: Main Ideas, KARTA Learning Media, Class V Students.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan meningkatkan menentukan ide pokok siswa di kelas 5 SDN Polehan 2 dengan penerapan media pembelajaran KARTA. Metode yang digunakan adalah metode PTK, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media karta. Pada data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media KARTA pada siklus I yang memperoleh nilai diatas KKM ada 7 siswa dalam tes awal dengan presentse 30.34% dan siklus II tidak ada yang mendapatkan nilai dibawah KKM dalam tes akhir dengan presentase 86,95%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukukan setelah diberi tindakan menggunakan media pembelajaran KARTA terjadi peningkatan.

Keywords: Ide Pokok, Media Pembelajaran KARTA, Siswa Kelas V.

References

Darmayanti, N. K., & Surya Abadi, I. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 170. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Winarsudi, F., & Innany Mukhlishina. (2024). Penerapan Media “KARTA” Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Menentukan Ide Pokok kelas 5 . Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3), 180–186. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p180-186
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 66