Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Dongeng

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Fikhi Rahmatillah Universitas Djuanda
  • Rusli Abdul Gani MI Cicurug

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p97-106

Keywords:

Fairy Tales, Writing Skills, Series image media

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SDN Layungsari 02 kota bogor. Metodologi yang memadukan PTK dengan pendekatan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart. Penelitian menunjukkan bahwa hanya (53,84%) dari total keseluruhan yang telah menyelesaikan program sebelum pengukuran siklus. Siswa yang tuntas pada siklus I (61,53%) dari keseluruhan. Siklus II sebanyak (69,23%). Siklus III (88,46%) dari jumlah siswa. Terdapat perbandingan siklus pembelajaran di setiap tahap. Konsistensi antara siklus 1 dan siklus 2 sebesar (7,7%). Sedangkan terjadi peningkatan sebesar (19,23%) dari siklus 2 ke siklus 3. Dengan ini, proses penelitian dengan memanfaatkan media gambar seri pada siswa kelas III SDN Layungsari 02 Kota Bogor dianggap efektif dan berjalan sesuai rencana.

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar.Jakarta:departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Abi, Mustofa H dkk. (2020). Media Pembelajaran.Yayasan Kita Menulis

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1),54-72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Andi Sukri Syamsuri, 2016. Buku Panduan Magang 3.

FKIP Unismuh Makassar: Makassar

Angkowo R. dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan.strategi belajar mengajar. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014).

Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasan Dan Sastra, 2(1), 138-144.

Gandamana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Melalui Habituasi dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Siswa Di SMP Negeri 1 Cianjur. School Education Journal, VIII (2), 159-171.

Kusumaningsih,Dewi., dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf.Yogyakarta:Deepublish https://doi.org/10.53696/27214834.328

Nasution, W N A. 2018. Penerapan Metode Quantum Writing Dan Media Gambar Seri Dalam

Pembelajaran Menulis Narasi. Jurnal Komunitas Bahasa, Vol. 6, No. 1.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Prasiska, H. D. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas Iii Sdi Perumnas Iii Kota Makassar. https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2372

Slameto, (2015).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soeparno. (1998). Media Pengajaran Bahasa.Klaten : Intan Pariwara

Sugiarto (2009). Struktur Modal Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri, Graha Ilmu Yogyakarta. https://doi.org/10.32503/akuntansi.v1i1.1061.

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas. (Jogjakarta: Diva Prees, 2010), hal. 17 http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa.Bandung: Angkasa Bandung.

Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi (SNPMT II)

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Aliyyah, R. R., Rahmatillah, F. ., & Abdul Gani, R. . (2024). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Dongeng. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 97–106. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p97-106
Abstract views: 350 , PDF Downloads: 284