Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Dongeng
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p97-106Keywords:
Fairy Tales, Writing Skills, Series image mediaAbstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SDN Layungsari 02 kota bogor. Metodologi yang memadukan PTK dengan pendekatan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart. Penelitian menunjukkan bahwa hanya (53,84%) dari total keseluruhan yang telah menyelesaikan program sebelum pengukuran siklus. Siswa yang tuntas pada siklus I (61,53%) dari keseluruhan. Siklus II sebanyak (69,23%). Siklus III (88,46%) dari jumlah siswa. Terdapat perbandingan siklus pembelajaran di setiap tahap. Konsistensi antara siklus 1 dan siklus 2 sebesar (7,7%). Sedangkan terjadi peningkatan sebesar (19,23%) dari siklus 2 ke siklus 3. Dengan ini, proses penelitian dengan memanfaatkan media gambar seri pada siswa kelas III SDN Layungsari 02 Kota Bogor dianggap efektif dan berjalan sesuai rencana.
References
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar.Jakarta:departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Abi, Mustofa H dkk. (2020). Media Pembelajaran.Yayasan Kita Menulis
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1),54-72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034
Andi Sukri Syamsuri, 2016. Buku Panduan Magang 3.
FKIP Unismuh Makassar: Makassar
Angkowo R. dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan.strategi belajar mengajar. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014).
Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasan Dan Sastra, 2(1), 138-144.
Gandamana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Melalui Habituasi dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Siswa Di SMP Negeri 1 Cianjur. School Education Journal, VIII (2), 159-171.
Kusumaningsih,Dewi., dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf.Yogyakarta:Deepublish https://doi.org/10.53696/27214834.328
Nasution, W N A. 2018. Penerapan Metode Quantum Writing Dan Media Gambar Seri Dalam
Pembelajaran Menulis Narasi. Jurnal Komunitas Bahasa, Vol. 6, No. 1.
Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Prasiska, H. D. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas Iii Sdi Perumnas Iii Kota Makassar. https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2372
Slameto, (2015).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soeparno. (1998). Media Pengajaran Bahasa.Klaten : Intan Pariwara
Sugiarto (2009). Struktur Modal Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri, Graha Ilmu Yogyakarta. https://doi.org/10.32503/akuntansi.v1i1.1061.
Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas. (Jogjakarta: Diva Prees, 2010), hal. 17 http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa.Bandung: Angkasa Bandung.
Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi (SNPMT II)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

