Strategi Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Kemampuan Retorika Mahasiswa

Authors

  • Hendrik Pandu Paksi Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Ricky Setiawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p107-113

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Podcast, Retorika

Abstract

Kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kopetensi profesional dan kompetensi sosial. Oleh karena itu setiap calon guru SD juga perlu menguasai ke 4 kompetensi tersebut. Dalam kaitannya dengan keterampilan mengajar, setidaknya ada 8 keterampilan yang harus dikuasai oleh calon guru SD yaitu keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan menjelaskan kelompok kecil dan perseorangan. Berdasarkan hasil observasi pada mata kuliah konsep dasar PPKn SD, diperoleh data bahwa mahasiswa masih menemukan kesulitan dalam menyampaikan ide, gagasan atau opini secara lisan. Ketika dosen memberi kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan pendapat, masih sedikit mahasiswa yang mau menyampaikan, dan dari mahasiswa yang mau menyampaikan pertanyaan atau pendapat memiliki retorika yang belum bagus sehingga pesan yang ingin disampaikan menjadi kurang maksimal. Padahal calon guru sudah semestinya mempunyai keberanian dan bisa menyampaikan ide atau gagasannya dengan cara yang baik yang mudah diterima oleh orang lain. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan retorika mahasiswa sekaligus membangkitkan semangat berani menyampaikan ide/gagasan di depan umum melalui strategi pembelajaran Podcast. Podcast dipilih sebagai strategi dalam pembelajaran karena berdasarkan kajian literatur pelaksanaan podcast memang menuntut keterampilan narasumber dalam beretorika, mengemas informasi dengan bahasa yang sederhana, namun mendalam. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan retorika mahasiswa. Luaran yang diharapkan tercapai dalam penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan retorika mahasiswa dan artikel yang diterbitkan dalam jurnal nasional

References

Heriyanto, A. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Education Game Sebagai Media Pembelajaran Kimia. Online at http://journal.unnes.ac.id/sju/in- dex.php/chemined [diakses tanggal 2 Februari 2017]

Komariah, A. & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Wijaya, K. & Dedi, D. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks. Edisi Kedua.

Sadiman, Arief dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovtif. Jogjakarta: Kaukaba Dipantara Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta: Direktorat

Pendidikan Nasional

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati, Asri Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarsunu, Tulus. 2015. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Paksi, H. P., Istianah, F., Rahmawati, I., & Setiawan, R. (2024). Strategi Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Kemampuan Retorika Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 107–113. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p107-113
Abstract views: 135 , PDF Downloads: 149