Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Putri Dwi Jayanti Pramesti Lestari STAI Al-Azhar Menganti Gresik
  • Imam Bahrozi STAI Al Azhar Menganti
  • Ivo Yuliana STAI Al Azhar Menganti

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160

Keywords:

Pedagogical Competency, Independent Curriculum

Abstract


ABSTRAK
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki guru berupa kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, pengetahuan guru terhadap kompetensi pedagogik apa saja yang perlu mereka miliki dan kembangkan menjadi penting, agar guru dapat melakukan penerapan kurikulum merdeka secara optimal dalam proses belajar mengajar. Di UPT SDN 211 Gresik menjadi salah satu sekolah penggerak dan telah menerapkan kurikulum merdeka dalam satu tahun belakang ini. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji lebih mendalam seberapa jauh pengetahuan guru terhadap kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiu apa saja kompetensi pedagogik yang harus dikuasai oleh guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di UPT SDN 211 Gresik. Permasalahan yang dicari jawabannya melalui penelitian ini adalah: 1. Apa saja kompetensi pedagogik yang harus dikuasai guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di UPT SDN 211 Gresik? 2Apa saja problematika dalam kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka di UPT SDN 211 Gresik.? 3. Bagaimana upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka di UPT SDN 211 Gresik ? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru kelas II DAN IV. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi fisik maupun non fisik dalam penerapan kurikulum merdeka disekolah penggerak. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dokumen terkait penelitian. Hasil penelitian bahwa kompetensi pedagogik guru dalam penerapan kurikulum merdeka di UPT SDN 211 Gresik masih kurang baik.

Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka

References

Ahmal, Ahmal, Supentri Supentri, Piki Setri Pernantah, and Mirza Hardian. “Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan perangkat pembelajaran abad-21 berbasis merdeka belajar di Kabupaten Pelalawan Riau.” Unri Conference Series: Community Engagement 2 (December 30, 2020): 432–39. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.432-439.

Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 16, 2022): 5877–89.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Anridzo, Abdul Khafid, Imron Arifin, and Dwi Fitri Wiyono. “Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (July 21, 2022): 8812–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.

Anwar, Bakri. “Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 6, no. 2 (2018): 114–25. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

Arviansyah, Muhammad Reza, and Ageng Shagena. “EFEKTIVITAS DAN PERAN DARI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR” 17, no. 1 (2022): 43–44.

Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Jurnal Teknologi Pendidikan 10, no. 1 (2010): 46–62.

Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab, 2021.

Damanik, Rabukit. “HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU” 8, no. 2 (2019): 1.

Dewi, Rista Sumaryaning. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru,” 2015, 26.

Hamdi, Syahrul, Cepi Triatna, and Nurdin Nurdin. “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7, no. 1 (August 5, 2022). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015.

Harliansyah, Faizuddin. “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif.” Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang, 2017.

Julaeha, Siti. “Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (November 3, 2019): 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

Kuntarto, Eko, and Mohammad Sholeh. “Kompetensi pedagogik guru sekolah dasar sebagai pendukung program merdeka belajar.” Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2023.

Laraswati, Anika. “Analisis Implementasi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 03 Cilangkap Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas.” Universitas Peradaban, 2019.

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, and Netty Heriwati Henrika Turnip. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar” 1 (2022): 7.

Marisa, Mira. “CURRICULUM INNOVATION ‘INDEPENDENT LEARNING’ IN THE ERA OF SOCIETY 5.0” 4 (2020).

Maulida, Utami. “PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA” 5, no. 2 (2022).

Febriana, R. Kompetensi Guru. Bumi Aksara, 2021.

Yusuf, AM. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media, 2016.

Mubarak, Dr H. A. Zaki. DESAIN KURIKULUM MERDEKA UNTUK ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. zakimu.com, 2022.

Nasution, Suri Wahyuni. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar” 1 (2022): 139.

Nur, Anifa Alfia. “MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD YAYASAN MUTIARA GAMBUT” 2 (2014): 8.

Rachmawati, Diana Widhi, Muhammad Iqbal Al Ghozali, Baktiar Nasution, Hamdan Firmansyah, Siti Asiah, Akhsin Ridho, Indani Damayanti, et al. Teori & Konsep Pedagogik. Penerbit Insania, 2021.

Rahayu, Endah Yulia, Nunung Nurjati, and Samsul Khabib. “Kesiapan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” n.d., 12.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 22, 2022): 6313–19.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Samsu, Samsu. Metode Penelitian. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA), 2017.

Sidiq, Umar, and Moh Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya, 2019.

Sirajuddin, Shaleh. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Pustaka Ramadhan, 2017.

Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sudrajat, Jajat. “Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 13, no. 2 (September 6, 2020): 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434.

Syafiq, Zoe Zarka, Fadhil Ahmad Zaky, Salsabila Erliani, Putri Rahayu, Wardah Kholilah, Denny Fitriani Hasibuan, Marhatul Fatwa, and Inom Nasution. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Kurikulum Merdeka,” n.d.

“Undang-Undang No 20 Tahun 2003.Pdf,” n.d.

“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA,” n.d.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, and Muh. Ilyas Ismail. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13, no. 1 (June 22, 2010): 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4.

Waryani. DINAMIKA KINERJA GURU DAN GAYA BELAJAR Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar. Penerbit Adab, 2021.

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dasar 4 (2020): 42–43.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Abstract views: 2103 , PDF Downloads: 1286