Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p183-189Keywords:
Project Based Learning, Numeracy skills, elementary school studentsAbstract
Kemampuan numerasi sangat diperlukan siswa termasuk siswa di sekolah dsara karena merupakan salah satu tuntutan kompetensi yang harus dikuasai di era kurikulum merdeka ini. Dengan kondisi tersebut maka diharapkan guru melakukan inovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa di SD Jatiroto 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain pre-experimental design yaitu one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD N Jatiroto 01 Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 siswa. Sampel diambil dari keseluruhan populasi yang ada atau disebut sampel jenuh karena populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sign = 0,02 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model PjBL terhadap kemampuan numerasi siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa di SD Jatiroto 01.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2009). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Computer Physics Communications (Vol. 180).
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Deavy Martyaningrum, I., Rachmani Dewi, N., & Wuryanto. (2018). The enchancement of students’ ability in the aspect of problem solving and mathematical disposition through brain-based learning model. UNNES Journal of Mathematics Education, 7(1), 31–38. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/
Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(1), 44–62.
Effendi, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 305.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.
Hamidah, K. F. N., Hartini, & Ivayuni Listiani. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Literasi Matematika pada Siswa Kelas Tinggi SDN Tamanarum 1. Konferensi Ilmiah Dasar, 3(1), 1207–1215. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2947%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/2947/2298
Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168.
Husna, N. M., Isnarto, I., Suyitno, A., & Shodiqin, A. (2022). Implementasi Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 841–845.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27.
Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal Pembelajaran FIsika, 5(2), 122–128.
Mahardika, I., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar, 4(1), 35–42.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39.
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 45–59.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160.
Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Buku.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62.
Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi Dan Numerasi Siswa Di SD N Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary, 6(1), 35–40.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., & Janah, R. M. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan …, 6(1), 3678–3684. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3438%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3438/2932
Tibahary, A. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(03), 54–64.
Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 4(1), 89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.