Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01

Authors

  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Yoga Awalludin Nugraha Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p183-189

Keywords:

Project Based Learning, Numeracy skills, elementary school students

Abstract

Kemampuan numerasi sangat diperlukan siswa termasuk siswa di sekolah dsara karena merupakan salah satu tuntutan kompetensi yang harus dikuasai di era kurikulum merdeka ini. Dengan kondisi tersebut maka diharapkan guru melakukan inovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa di SD Jatiroto 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain pre-experimental design yaitu one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD N Jatiroto 01 Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 siswa. Sampel diambil dari keseluruhan populasi yang ada atau disebut sampel jenuh karena populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sign = 0,02 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model PjBL terhadap kemampuan numerasi siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa di SD Jatiroto 01.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2009). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Computer Physics Communications (Vol. 180).

Effendi, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 305.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Buku.

Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 4(1), 89.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Rohim, D. C., & Nugraha, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 183–189. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p183-189
Abstract views: 1863 , PDF Downloads: 1745