Analisis Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka pada Kelas 4 di MI Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p213-219Keywords:
Comparison, Curriculum 2023, Independent CurriculumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan Kurikulum yang ada di MI Nurul Huda dan bagaimana perbedaan Implementasi antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka yang ada di kelas 4 MI Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik analisis yang diguakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan Kurikulum di MI Nurul Huda sudah berjalan dengan baik, pihak sekolah selalu mengusahakan yang terbaik untuk kualitas pendidikn yang bermutu. Perbedaan antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka meliputi perbedaan pada satuan muatan pembelajaran, dokumen perencanaan persiapan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan alokasi waktu.
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gunarta, I. K. (2017). Implementasi Pembelajaran Yoga Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumerta. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 180. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.198
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Khoirurrijal, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Mahmudah, M. (2022). Korelasi Media dan Sumber Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2).
Muqorobin, M. S., & Kartin, E. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Pembelajaran di Sekolah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.
Nugroho, A. S. (2018). Pembelajaran Konsep Berbasis Lingkungan Terhadap Pengembangan Karakter Tanggung Jawab dan Penguasaan Konsep Muatan IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Teaching in Elementary Education, 2(1), 1–9. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4435
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Radinal, W. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia di Yayasan Baitul Jannah Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 66.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Subayani, N. W. (2022). Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam kurikulum PGSD. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 49. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4435
Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Modul Hakikat Kurikulum. 1–30. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PGTK240302-M1.pdf
Umam, N. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menulis Menggunakan Kata Baku di Media Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 127–134. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6980
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.