Analisis Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka pada Kelas 4 di MI Nurul Huda

Authors

  • Eka Yunila Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p213-219

Keywords:

Comparison, Curriculum 2023, Independent Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan Kurikulum yang ada di MI Nurul Huda dan bagaimana perbedaan Implementasi antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka yang ada di kelas 4 MI Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik analisis yang diguakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan Kurikulum di MI Nurul Huda sudah berjalan dengan baik, pihak sekolah selalu mengusahakan yang terbaik untuk kualitas pendidikn yang bermutu. Perbedaan antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka meliputi perbedaan pada satuan muatan pembelajaran, dokumen perencanaan persiapan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan alokasi waktu.

 

References

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Gunarta, I. K. (2017). Implementasi Pembelajaran Yoga Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumerta. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 180. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.198

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Khoirurrijal, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.

Mahmudah, M. (2022). Korelasi Media dan Sumber Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2).

Muqorobin, M. S., & Kartin, E. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Pembelajaran di Sekolah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.

Nugroho, A. S. (2018). Pembelajaran Konsep Berbasis Lingkungan Terhadap Pengembangan Karakter Tanggung Jawab dan Penguasaan Konsep Muatan IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Teaching in Elementary Education, 2(1), 1–9. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4435

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Radinal, W. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia di Yayasan Baitul Jannah Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 66.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Subayani, N. W. (2022). Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam kurikulum PGSD. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 49. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4435

Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Modul Hakikat Kurikulum. 1–30. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PGTK240302-M1.pdf

Umam, N. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menulis Menggunakan Kata Baku di Media Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 127–134. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6980

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Putri, E. Y., Subayani, N. W., & Umam, N. K. (2023). Analisis Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka pada Kelas 4 di MI Nurul Huda. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 213–219. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p213-219
Abstract views: 953 , PDF Downloads: 630