IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA MELALUI MAKANAN TRADISIONAL “KUE WAJIK” PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

Authors

  • Yeni Dwi Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p121-124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran berbasis PMRI dengan pendekatan etnomatematika pada siswa
kelas I SD materi penjumlahan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif
kualitatif dengan guru dan beberapa siswa sebagai responennya. Adapun teknik
yang digunakan yaitu dengan angket, observasi dan studi dokumentasi. Hasil
yang diperolah dari penelitian ini bahwa penerapan berbasis PMRI dengan
pendekatan etnomatematika pada siswa kelas I SD materi penjumlahan telah
terlaksana dengan baik. Siswa telah melaksanakan pembelajaran berbasis PMRI
dengan pendekatan Etnomatematika melalui “Kue Wajik” dengan tuntas.
Sebagian besar siswa merasa senang dengan pembelajaran ini. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan berbasis PMRI dengan
pendekatan etnomatematika pada siswa kelas I SD materi penjumlahan telah
terlaksanakan sesuai dengan langkah pembelajaran yang telah dibuat hingga
tuntas.

References

Sumiyati, Purwati. (2022). Implementasi Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional “Gobag Sodor” Pada

Materi Bilangan Bulat. JURNAL LENSA PENDAS, 6(2), 77-84.

Diniyati. I. A., Ekadiarsi. A. N., Salsabila. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Kue Lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2)

Retta. A. M. (2020). PENGGUNAAN ICEBERG DALAM PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1)

Azmi. N. (2020). PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS BUDAYA ACEH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(1), 37-43

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Ningrum, Y. D. ., & Wiryanto, W. (2022). IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA MELALUI MAKANAN TRADISIONAL “KUE WAJIK” PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(2), 121–124. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p121-124
Abstract views: 95 , PDF Downloads: 412