IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA MELALUI MAKANAN TRADISIONAL “KUE WAJIK” PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p121-124Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran berbasis PMRI dengan pendekatan etnomatematika pada siswa
kelas I SD materi penjumlahan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif
kualitatif dengan guru dan beberapa siswa sebagai responennya. Adapun teknik
yang digunakan yaitu dengan angket, observasi dan studi dokumentasi. Hasil
yang diperolah dari penelitian ini bahwa penerapan berbasis PMRI dengan
pendekatan etnomatematika pada siswa kelas I SD materi penjumlahan telah
terlaksana dengan baik. Siswa telah melaksanakan pembelajaran berbasis PMRI
dengan pendekatan Etnomatematika melalui “Kue Wajik” dengan tuntas.
Sebagian besar siswa merasa senang dengan pembelajaran ini. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan berbasis PMRI dengan
pendekatan etnomatematika pada siswa kelas I SD materi penjumlahan telah
terlaksanakan sesuai dengan langkah pembelajaran yang telah dibuat hingga
tuntas.
References
Materi Bilangan Bulat. JURNAL LENSA PENDAS, 6(2), 77-84.
Diniyati. I. A., Ekadiarsi. A. N., Salsabila. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Kue Lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2)
Retta. A. M. (2020). PENGGUNAAN ICEBERG DALAM PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1)
Azmi. N. (2020). PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS BUDAYA ACEH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(1), 37-43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

