ANALISIS PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p102-110Keywords:
Javanese language, problematics, elementary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa jawa di Sekolah dasar dan mengidentifikasi adanya permasalahan dalam pengimplementasian beserta solusi yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pinggir, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa problematika dalam implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa jawa, yaitu : (a) Siswa kurang dalam penerapan pembelajaran unggah ungguh basa jawa dalam kehidupan sehari-hari. (b) Minat siswa rendah pada pembelajaran aksara jawa. (c) Minimnya perbendaharaan kosa kata bahasa jawa pada peserta didik. (d) Kendala terkait dengan materi tembang macapat yang banyak dihadapkan para guru dan siswa Sekolah Dasar. Berkaitan dengan hasil penelitian, perlu adanya suatu upaya untuk mengatasi problematika tersebut.
Kata Kunci : bahasa jawa, problematika, sekolah dasar.
ABTRACT
This study aims to describe the implementation of local content learning in Javanese language in elementary schools and identify problems in implementation and appropriate solutions. The research method used is qualitative research. This research was conducted at Pinggir Elementary School, Lengkong District, Nganjuk Regency. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews, observation, and document analysis techniques. The data analysis technique was carried out with an interactive model consisting of data reduction, data presentation, and verification. Based on the results of data processing, it can be concluded that the problems in the implementation of Javanese language local content learning are: (a) Students are lacking in the application of Javanese language upload learning in everyday life. (b) Low student interest in learning Javanese script. (c) The lack of Javanese vocabulary for students. (d) Obstacles related to the material for the macapat song that many teachers and elementary school students face. In connection with the results of the study, it is necessary to make an effort to overcome these problems
Keywords: Javanese language, problematics, elementary school
References
ANGGRAINI, S. D. (2017). Analisis implementasi muatan lokal wajib bahasa Jawa Kurikulum 2013 di kelas V SD Muhammadiyah 06 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
APRIYANTI, R. (2020). Implementasi Kebijakan Muatan Lokal Bahasa Jawa bagi Siswa Sekolah Dasar Berkultur Sunda di Kabupaten Cilacap (Studi Kasus di SD Negeri Bantarpanjang 01 Cimanggu Kabupaten Cilacap) (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).
Arafik, M., & Rumidjan, R. (2017). Profil pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55-61.
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202-209.
Hakim, A. O. A. A. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Pembelajaran Aksara Jawa untuk SD Berbasis Multimedia Di SDN Bumirejo 02. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 5(4).
Handayani, T., & Hangestiningsih, E. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa di SD Karangmulyo Yogyakarta. Trihayu, 4(3), 259013.
Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., & Widodo, S. (2017, November). P PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR. In SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017.
Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., & Widodo, S. (2017, November). P PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR. In SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017.
Ismiyati, W. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Pailkem Di Kelas 3 Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 7(4), 66-71.
Kurniati, E. (2015). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa SD yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan sebagai Wujud Konservasi Budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2)
Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa jawa dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN Sambiroto 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149-158.
Latifah, N. N., Artharina, F. P., & Arifin, Z. (2019). Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Materi Tembang. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 276-283.
Mahardika, S., & Setyaningrum, F. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Sd Muhammadiyah Bausasran Ii Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(3), 251-259.
Maruti, E. S. (2015). Pembelajaran bahasa jawa di sekolah dasar. CV. Ae Media Grafika.
Sulaikha, N. A., & Santosa, S. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEBAGAI MUATAN LOKAL KELAS IV DI MI PLUS AL-KAUTSAR YOGYAKARTA. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 125-140.
Suprapto, E. (2014). Implementasi pembelajaran bahasa jawa di man Purwodadi (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Suyitno, S., & Utami, H. R. (2016). Relevansi Tema Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Muatan Lokal-Nasional. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).
Veronika, P., Setiawan, B., & Wardani, N. E. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa (Materi Tembang Dolanan) Berbasis Pendidikan Karakter Religius Dalam Kurikulum 2013. El Harakah, 19(1), 53.
Wibawa, S. (2007). Implementasi pembelajaran Bahasa Daerah sebagai muatan lokal. Yogyakarta:“Universitas Negeri Yogyakarta.
Wibawa, S. (2011). Struktur kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah. Sosialisasi Keberadaan Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa FBS-FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1-17.
Ysh, A. S., Ngatmini, N., & Suyitno, S. (2019). Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa Sekolah Dasar Di Kota Semarang. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 1(2), 109-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.