Peran Penting Guru Pembimbing Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-Muttaqin

Authors

  • Haniifah Hanaa
  • Efendi Mia Evani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p167-171

Keywords:

Guru Pembimbing Khusus, inklusi, pendidikan inklusi

Abstract

 

Pendidikan inklusif adalah  suatu sistem pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus secara bersama dengan anak lainnya di dakan suatu lingkungan kelas secara ramah dan terbuka tanpa adanya diskriminasi dalam proses pendidikan itu sendiri. Sebelum menyelengarakan pendidikan inklusif hendaknya sekolah harus memenuhi prasyarat penyelenggaraan pendidikan inklusif, yang salah satunya adalah adanya guru pembimbing khusus (GPK). GPK adalah seorang guru yang memiliki latar belakang Pendidikan khusus/ Pendidikan Luar Biasa ataupun yang pernah mendapatkan pelatihan tentang Pendidikan Khusus/Pendidikan Luar Biasa yang ditugaskan pada sekolah inklusif. Namun pada kenyataan di lapangan masih ada sekolah inklusif yang tidak memiliki guru pembimbing khusus (GPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang dialami sekolah inklusi dengan tidak tersedianya guru pembimbing khusus dan mengetahui upaya sekolah untuk mengatasi dampak tidak tersedianya guru pembimbing khusus di sekolah inklusi tersebut.

References

Zakia, D. L. (2015). Guru pembimbing khusus (gpk): pilar pendidikan inklusi. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. Edu Humaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).

Agustin, I. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1).

Yusuf, Munawir. 2014. Manajemen Sekolah Berbasis Pendidikan Inklusif. Solo: Tiga Serangkai

Erawati, Ika Leli., Sudjarwo., & Sinaga, Risma Marrgareta. 2016. Pendidikan Karakter Bangsa

Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Studi Sosial Vol. 4(1): 21

Depdiknas. 2007. Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif tentang Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Pendidik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Hanaa, H., & Mia Evani, E. (2022). Peran Penting Guru Pembimbing Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 167–171. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p167-171
Abstract views: 203 , PDF Downloads: 1170