PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TOPIK LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ika Retno Fitriyanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p304-310

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik topik luas dan keliling persegi dan persegipanjang di kelas 3 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa perangkat pembelajaran matematika realistik yang terdiri dari RPP, LKS, dan THB. Model pengembangan perangkat yang digunakan model pengembangan 4D dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran oleh Thiagarajan, dkk (yang dimodifikasi). Ujicoba perangkat pembelajaran dilakukan di kelas 3C dan uji keefektifan dilakukan di kelas 3B di SDN Ketintang 1 Surabaya. Ujicoba perangkat dan uji keefektifan dilaksanakan dengan melakukan melakukan pengamatan aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan kemampuan guru mengelola pembelajaran. Tes hasil belajar siswa yang digunakan kemudian dianalisis validitas, sensitifitas, dan reliabilitas. Kemudian tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan persentase ketuntasan  belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid,praktis dan efektif. Pada kelas ujicoba data yang diperoleh adalah aktivitas siswa mencapai 83.29%. Kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik yaitu 87%. Respon siswa memberikan respon yang positif yaitu 95.2%. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Matematika Realistik, Luas, Keliling Persegi, Persegipanjang.

Author Biography

Ika Retno Fitriyanti, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Daryanto, Tarsial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Hudojo, Herman. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.

Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. University of Twente, the Nederlands.

Nur, Mohammad, dan Retno Wiakandari. (2008). Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Pusat Sains dan Matematika.

Slavin, Robert E. (1994). Educational Psychology: Theory and Practice. Eight Edition. Massachusetts: Allyn ans Bacon Publisher.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid 2. (Terjemahan Marianto). New Jersey: Pearson Education, Upper Saddle River (diterbitkan tahun 2009).

Soedjadi. (2007). Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolag Unesa.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Van den Akker, (1999). Principles and Methods of Development Research. University of Twente, the Nederlands.

Wijaya, Ariadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Graha Ilmu.

Downloads

Published

2016-09-19

How to Cite

Fitriyanti, I. R. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TOPIK LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(3), 304–310. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p304-310
Abstract views: 1684 , PDF Downloads: 1188