PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MODEL ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p297-303Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita. Ada lima alasan : (1) kurang mendapat contoh yang konkret, (2) rendahnya minat baca, (3) kesulitan memahami isi cerita, (4) kesulitan menuangkan ide, (5) dalam penulisan tidak runtut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan media komik. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan kualitas media komik dalam pembelajaran model round table untuk meningkatkan kemampuan menuli cerita kelas IV SD. pemecahan masalah sosial siswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode kualitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh hasil presentase kelayakan isi/materi, kebahasaan, dan gambar secara berturut turut sebesar 96,9 %, 97,2 %, dan 89,3 %. Semua kategori tersebut termasuk kategori berkualitas (sangat baik) perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 98,4 % dan 97,1 %. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,8, nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu ≥67.Respon guru dan siswa terhadap media komik adalah 96,9 % dan 97,2 %. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media komik dalam pembelajaran model round table yang dikembangkan baik digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan media komik, round table, menulis cerita
References
Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakata: PT Grasindo.
Mccafferty, Stevn G, dkk. (2006) . Cooperative Learning and Second Languange Teaching. New York: Icambridge University Press.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

