PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PBL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p290-296Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendiskripsikan kelayakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV sekolah dasar. (2) Untuk mendiskripsikan efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (define, desain, development,dessiminate).
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran subtema lingkungan tempat tinggalku bahwa:(1) validitas silabus mendapat skor rata-rata 3,5 dengan kategori baik. (2) hasil validitas RPP mendapat skor rata-rata 3,8 kategori baik. (3) hasil validitas LKS mendapat skor rata-rata 3,9 kategori baik (4) hasil validitas Buku ajar mendapatkan skor rata-rata 3,6 dengan kategori baik (5) hasil validitas THB mendapatkan skor rata-rata 3,85 dengan kategori baik. (6) hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor yang dipersentase 93% dalam kategori baik . (7) berdasarkan hasil posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control dapat dilihat pada angkat t-test yang mengasumsikan kedua populasi sama adalah 10,341 dengan probabbilitas (sig) sebesar 0,000. Oleh karena itu angka probabilitas <0,05, dapat diartikan adanya perbedaan antara nilai yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas control. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau efektif diterapkan pada pembelajaran subtema lingkungan tempat tinggalku
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, PBL , Hasil Belajar
References
Akbar. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Amri, Sofan. (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. PrestasiPustakaraya.
Asrori, Muhammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Arzu Ar?. (2013) The Opinions of Primary Mathematics Student-Teachers on Problembased Learning MethodKocaeli University: Education Faculty Primary Department.
Barbara K. (2009). Implementing Problem-Based Learning in an Undergraduate Psychology Course: A Journal of Scholarly Teaching.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Esen Ersoy. (2013). The Effects of Problem-Based Learning Method in Higher Education on Creative Thinking: Education Faculty, Primary Mathematics Education Department Izm?r, Turkey.
Fitria Hidayati. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajarn Berdasarkan Masalah pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam. Surabaya: Tesis Magister Pendidikan, Unesa.
Thiagarajan, S.D., Semmel, S. & Semmel, M.L. (1974) Instruction Development for Training Teacher of Exceptional Children. A Source Book Bloomington: Center for Innovation on Teaching The Handica.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

