PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PROGRAM ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS V SD

Authors

  • Frista Meylinda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p256-264

Abstract

Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran keterampilan berbicara dengan program adobe flash. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran keterampilan berbicara dengan program adobe flash. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau berdasarkan produk dan penggunaanya di kelas.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan kombinasi kulitatif kuantitatif model sequential exploratory dan desain model merupakan adaptasi dari model 4D. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data penelitian berupa dokumen proses pengembangan, dan data kualitas media pembelajaran dari validator serta calon pengguna. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, angket, dan tes. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik kombinasi deskripsi kulitatif kuantitatif secara berurutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan meliputi tahap pendefinisian dengan hasil berupa peta kebutuhan pembelajaran; tahap perancangan dengan hasil draf media; dan tahap pengembangan dengan hasil berupa model final media pembelajaran. Kualitas media pembelajaran keterampilan berbicara dengan program adobe flash yang dikembangkan dinilai dari komponen kelayakan materi, bahasa, dan penyajian kegrafikaan. Masing-masing komponen mendapat persentase 92%, 95%, 100%. Semua kategori termasuk kategori berkualitas (sangat layak) Pemerolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa  berturut-turut 95,8%, 95%, 98,9%. Rata-rata hasil belajar siswa 88,35, nilai ini sesuai dengan KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian  menunjukkan bahwa media pembelajaran keterampilan berbicara dengan program adobe flash yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Program Adobe Flash

Author Biography

Frista Meylinda, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Broto, A. (2007). Belajar Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua di Sekolah Dasar Berdasarkan Pendekatan Linguistik Kontrastif. Jakarta: Bulan Bintang.

Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. USA: Pearson Education, Inc.

Daeng Nurjamal, M. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung. Alfabeta.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Ghazali, H. S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Hermawan. (2008). Efektifitas Media Pembelajaran: hermawan01.wordpress.com diunduh 28 Desember 2014.

Ibrahim, M. (2005). Asessmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, M. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Downloads

Published

2016-09-16

How to Cite

Meylinda, F. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PROGRAM ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(3), 256–264. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p256-264
Abstract views: 3398 , PDF Downloads: 2200