PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KIT IPA DALAM UPAYA MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN 2 PURWASANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Authors

  • Misno Misno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p358-363

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen berbasis KIT IPA dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana siswa kelas V SDN 2 Purwasana Kecamatan Punggelan Kabupaten  Banjarnegara.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Tiap siklus pembelajaran terdiri atas (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Perangkat pembelajaran yang digunakan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, buku siswa, dan lembar evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktivitas siswa mengikuti pembelajaran, serta angket respon siswa terhadap pembelajaran. Kurikulum yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (2006) dengan materi pokok energi dan perubahannya sub materi pesawat sederhana.

Adapun data yang dianalisis sebagai hasil penelitian meliputi: (1) hasil belajar  siswa,  (2)  aktivitas  guru  dalam  mengelola  pembelajaran,  (3)  aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, (4) respon siswa terhadap pembelajaran yang diikutinya.

Dari hasil analisis diperoleh: (1) hasil belajar ranah kognitif dengan rata- rata kelas 78,52 dengan kategori œtuntas dan ketuntasan klasikal mencapai 89% dengan kategori œtuntas, (2) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mencapai persentase ketercapaian 86,17% berada dalam kategori œsangat baik, (3) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai kategori œefektif, (4) respon siswa terhadap pembelajaran mencapai kategori œpositif yaitu senang, baru, berminat, dan jelas. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode eksperimen berbasis KIT IPA.

 

Kata Kunci: Metode ekspermen berbasis KIT IPA, hasil belajar

Author Biography

Misno Misno, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Joyce B., Weil M., Calhoun E. (2011). The Model of Teaching Eighth Edition, terjemahan Fawaid, A., Mirza, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muna, Z. (2014). Pengajaran Pokok Bahasan Pesawat Sederhana dengan Metode Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di SD Negeri Tayu Wetan 02 kelas V semester 2. ( Tesis Tidak Dipuplikasikan).

Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar.

Sudjana, Nana. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dan Proses Belajar. Bandung: Sinar baru.

Suliyanah, Novitasari. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Vol. 03 No. 01. 40-44.

Trisnoherawati, Nanik. (2001). Pengaruh Kit IPA Terhadap Prestasi Belajar Siswa. online tersedia:http://www.damandiri.or.id/file/naniktunpabs babIIPdf[, diakses 4 Februari 2014 pikul 22.45 WIB.

Winataputra, Udin S. dkk. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

How to Cite

Misno, M. (2017). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KIT IPA DALAM UPAYA MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN 2 PURWASANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 358–363. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p358-363
Abstract views: 628 , PDF Downloads: 1079