PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA S1 PGSD

Authors

  • Solehun Solehun Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p329-338

Abstract

ABSTRAK

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengembangkan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 PGSD. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa S1 PGSD (2) mendeskripsikan kualitas buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berorientasi pendekatan saintifik yang dikembangkan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan desain model 4D. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data penelitian berupa dokumen proses pengembangan, dan data kualitas buku ajar dari validator serta calon pengguna. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi, observasi, angket dan tes dengan instrumen berupa lembar identifikasi, pemetaan KI, KD dan indikator-indikator, lembar pemerolehan bahan ajar, lembar validasi materi, lembar validasi penyajian, lembar validasi bahasa, lembar validasi kegrafikaan. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif kuantitatif secara berurutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan biku ajar meliputi tahap pendefinisian dengan hasil berupa peta kebutuhan pembelajaran; tahap perancangan dengan hasil draf buku ajar; dan tahap pengembangan dengan hasil berupa model final buku ajar. Kualitas buku ajar yang dikembangkan dinilai dari komponen materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Masing-masing komponen mendapat persentase 100%, 87,5%, 100%, dan 80%. Pemerolehan hasil observasi terhadap aktivitas dosen, respon dosen, aktivitas mahasiswa, dan respon mahasiswa  berturut-turut 95%, 91,66%, 93,75%, dan 92,3%, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 53,4%.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Berorientasi Saintifik

Author Biography

Solehun Solehun, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

BSNP. (2006). Sosialisai Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: IKAPI, Pusbuk, dan BSNP.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Buku Ajar. Jakarta.

Hiagarajan dan Samuel. (2010). Instrucitional Development for Teaching of Exceptional Chiledren. Minnesota: Granet.

Ibrahim, Muslimin. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Keputusan Mendiknas.No.36/D/0/2001, Pasal 5 ayat 9 tentang Penertian buku ajar dan Penyebaran buku ajar.

Muslich, Masnur. (2010). Texs Book Writing (Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Tarigan, H.G. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Solehun, S. (2017). PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA S1 PGSD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 329–338. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p329-338
Abstract views: 2746 , PDF Downloads: 1554