PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA S1 PGSD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p329-338Abstract
ABSTRAK
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengembangkan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 PGSD. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa S1 PGSD (2) mendeskripsikan kualitas buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berorientasi pendekatan saintifik yang dikembangkan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan desain model 4D. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data penelitian berupa dokumen proses pengembangan, dan data kualitas buku ajar dari validator serta calon pengguna. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi, observasi, angket dan tes dengan instrumen berupa lembar identifikasi, pemetaan KI, KD dan indikator-indikator, lembar pemerolehan bahan ajar, lembar validasi materi, lembar validasi penyajian, lembar validasi bahasa, lembar validasi kegrafikaan. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif kuantitatif secara berurutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan biku ajar meliputi tahap pendefinisian dengan hasil berupa peta kebutuhan pembelajaran; tahap perancangan dengan hasil draf buku ajar; dan tahap pengembangan dengan hasil berupa model final buku ajar. Kualitas buku ajar yang dikembangkan dinilai dari komponen materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Masing-masing komponen mendapat persentase 100%, 87,5%, 100%, dan 80%. Pemerolehan hasil observasi terhadap aktivitas dosen, respon dosen, aktivitas mahasiswa, dan respon mahasiswa berturut-turut 95%, 91,66%, 93,75%, dan 92,3%, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 53,4%.
Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Berorientasi Saintifik
References
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Buku Ajar. Jakarta.
Hiagarajan dan Samuel. (2010). Instrucitional Development for Teaching of Exceptional Chiledren. Minnesota: Granet.
Ibrahim, Muslimin. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.
Keputusan Mendiknas.No.36/D/0/2001, Pasal 5 ayat 9 tentang Penertian buku ajar dan Penyebaran buku ajar.
Muslich, Masnur. (2010). Texs Book Writing (Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Tarigan, H.G. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.