PENGARUH PENGGUNAAN JURNAL HARIAN SISWA TERHADAP PENINGKATAN PEMBIASAAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN

Authors

  • Dony Kurniawan Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p136-142

Keywords:

daily journals, habituation of discipline and religious character

Abstract

ABSTRACT

 

The study aims to knowing the effect of using studentsdaily journals on increasing character habituation religious and disciplinary. This research uses Quasi-Experimental Research. Sources of information in this study came from test results and observation. The subjects of this study were students of class VI SDN 1 Mlaya and SDN 2 Mlaya, Punggelan, Banjarnegara. The instruments in this study consisted of daily observation sheets and test sheets. This study uses quantitative data collection procedures. The data analysis method used is t-test and manova test. The result of this study is, 1) the use of students daily journals had a significant effect on the increase in the habituation of the religious character, 2) the use of students daily journals had a significant effect on the increase in habituation of the disciplines character, 3) the use students daily journals had a significant effect on increasing the habituation of religious character and disciplines.

 

Keywords: daily journals, habituation of discipline and religious character

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal harian siswa terhadap peningkatan pembiasaan karakter religius dan disiplin. Jenis Penelitian ini adalah Quasi-Experimental Research. Sumber informasi berasal dari data primer yaitu hasil tes dan data sekunder yaitu hasil observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Mlaya dan SDN 2 Mlaya, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi harian dan lembar tes. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t dan uji Manova. Hasil penelitian ini yaitu, 1) penggunaan jurnal harian siswa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiasaan karakter religius, 2) penggunaan jurnal harian siswa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiasaan karakter disiplin, 3) Penggunaan jurnal harian siswa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiasaan karakter religius dan disiplin secara simultan.

 

Kata Kunci:

Jurnal harian, pembiasaan karakter religius dan disiplin

Author Biography

Dony Kurniawan, Universitas Terbuka

-

References

Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama

Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas

Goleman, D. (2006). Emotional intelligence. New York: Bantam Books

Nashir, H. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo. Hlm (22-24)

Hanafiah, I. (2012). Studi Tentang Peran buku Penghubung Terhadap Anak Tunagrahita Sedang di SLB Total System. Thesis. PLB UPI

Indonesia, T. P. K. B. B. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Cetakan ketiga. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI dan Balai Pustaka.

Nurhanifah, N. (2016). Implementasi Program Kegiatan Harian Siswa dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 41 Cimahi (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (UNISBA)).

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Kurniawan, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN JURNAL HARIAN SISWA TERHADAP PENINGKATAN PEMBIASAAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 136–142. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p136-142
Abstract views: 542 , PDF Downloads: 563