Evaluasi Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021 dengan Sistem Real Time di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p129-135Keywords:
evaluation, new student acceptance, policyAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi kebijakan pemerintah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sitem zonasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021. Penelitian ini merupakan evaluasi kebijakan dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan yang dikembangkan oleh Malcolm Provus yaitu discrepancy evaluation model. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Kota Yogyakarta yang berjumlah 16 sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitan menunjukan bahwa implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi di SMP Negeri se-Kota Yogyakarta sudah optimal dan efektif. Hasil tersebut dibuktikan dengan sebaran jumlah peserta didik baru diterima melalui jalur pendaftaran yang sesuai dengan kebijakan peraturan yang berlaku dengan perincian; 1) Jalur zonasi sebesar 59%, 2) Jalur afirmasi sebesar 16.00%; 3) Jalur perpindahan orangtua sebesar 5%; dan 4) Jalur prestasi sebesar 20%. Sebaran jumlah peserta didik baru berdasarkan jalur pendaftarannya sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
References
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Hendrawansyah, H., & Zamroni, Z. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Siswa Baru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 70–82.
Kristyaningrum, D. H., & Ardiansyah, A. (2019). Evaluasi Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di Kabupaten Brebes Menggunakan Model CIPP. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 186–195.
Miles, H., Huberman, A. M., & Saldana, M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. USA: SAGE Publications.
Solichin, M., & Kutsi, I. (2019). Implementasi Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi pada Tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar di Kecamatan Jombang. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 5(1), 20–39.
Triwiniastuti, C. S., & Sulasmono, B. S. (2020). Evaluasi Program PPDB Berbasis Zonasi di SMP Negeri 2 Pabelan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 33–46.
Yuliani, N. (2021). Tinjauan Yuridis Penerimaan Peserta Didik Baru dalam Sistem Zonasi. Journal Presumption of Law, 3(1), 80–102.
https://yogya.siap-ppdb.com/#/020701/aturan. Diakses 25 Juni 2021 Pukul 10.31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.