Evaluasi Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021 dengan Sistem Real Time di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p129-135Keywords:
evaluation, new student acceptance, policyAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi kebijakan pemerintah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sitem zonasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021. Penelitian ini merupakan evaluasi kebijakan dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan yang dikembangkan oleh Malcolm Provus yaitu discrepancy evaluation model. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Kota Yogyakarta yang berjumlah 16 sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitan menunjukan bahwa implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi di SMP Negeri se-Kota Yogyakarta sudah optimal dan efektif. Hasil tersebut dibuktikan dengan sebaran jumlah peserta didik baru diterima melalui jalur pendaftaran yang sesuai dengan kebijakan peraturan yang berlaku dengan perincian; 1) Jalur zonasi sebesar 59%, 2) Jalur afirmasi sebesar 16.00%; 3) Jalur perpindahan orangtua sebesar 5%; dan 4) Jalur prestasi sebesar 20%. Sebaran jumlah peserta didik baru berdasarkan jalur pendaftarannya sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
References
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Miles, H., Huberman, A. M., & Saldana, M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. USA: SAGE Publications.
https://yogya.siap-ppdb.com/#/020701/aturan. Diakses 25 Juni 2021 Pukul 10.31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

