PENGEMBANGAN BUKU TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN METAFORA BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS PUISI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Ahmad Suyanto

Abstract


Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan buku tematik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan menggunakan metafora bahasa Indonesia dalam menulis puisi. Metafora bahasa Indonesia disisipkan pada prosa yang sudah ditentukan, misalnya prosa Melestarikan Budaya Sayan dan Tongklek. Di dalam prosa tersebut terdapat beberapa metafora bahasa Indonesia yang dapat digunakan untuk memperindah puisi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan Four-D Model, namun pada tahap-tahapnya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau diistilahkan dengan Mixed. Mixed merupakan salah satu wujud perkembangan metode penelitian yang memanfaatkan kekuatan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sekaligus (Creswell, 2014:204). Hasil penelitian ini dapat diperhatikan dari tiga tahap. Tahap pertama pendefinisian. Tahap ini meliputi analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap kedua perancangan meliputi penulisan dan penyususun buku tematik draf I dan validasi buku draf I. Tahap ketiga pengembangan yang meliputi: revisi hasil validasi draf I, validasi buku draf II, revisi hasil validasi draf II, uji coba terbatas, uji coba luas, revisi draf III, dan model akhir buku (draf IV). Dari tahap pengembangan buku diperoleh penilaian dari masing-masing validator, yaitu komponen materi mendapat persentase 100%,  komponen penyajian dengan persentase 95%, komponen kebahasaan dengan persentase 100% dan komponen kegrafikaan dengan persentase 100% dan semua komponen mendapat kategori sangat layak. Kualitas buku dari segi penggunaannya diperoleh dari data aktivitas guru, yaitu dengan persentase 100%, respon guru 100%, aktivitas siswa 99,1%, respon siswa 87,9% serta hasil belajar siswa kelas VI-D SDIT Al Uswah Tuban mengalami peningkatan 17 point dari rata-rata nilai pre-tes 76 menjadi rata-rata 94 saat pos-tes. Sedangkan di kelas   VI-A data aktivitas guru mendapat persentase 100%, respon guru 100%, aktivitas siswa 100%, respon siswa 92,7%, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan 18 point dari rata-rata nilai pre-tes 70 menjadi rata-rata 88 saat pos-tes.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Tematik, Kearifan Lokal, Kemampuan Menggunakan Metafora Bahasa Indonesia dalam Menulis Puisi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Audigier, François. (2005) History in the Curriculum. International Journal of Historical Learning, Teaching and Research; Vol. 5 Number 1 January 2005. ISSN 1472 – 9466

Creswell. John W. (2014). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Fraenkel, Jack R. and Wallen, E. (1990) How to Design and Evaluate Research In Education. New York: McGraw Hill

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Jaya, Triwidia Novan. (2010). Hypno Teaching “bukan sekedar mengajar” Bekasi: D-Brain

Maemunah. (2016). Connecting The Ability To Write Poetry on The Environment and Attitude Towards The Environment With Student Behaviour In Maintenance of Hygiene Environmental School. Vol. VIII No. 2 April

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya

Muslich, Masnur. (2010). Texs Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media

Rahardi, Kunjana. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta : Erlangga

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Subekti, Endah W. (2015). Pengembangan Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD Berbasis Karakter dengan menggunakan model Pembelajaran Example non example. Tesis tidak dipublikasikan. Prodi Dikdas. Program Pascasarjana Unesa

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Sivasailam, Semmel, D.S and Semmel M.I. (1974). Instructional Develompment for Training Teacher of Exceptional Children. A Sourcebook. Blomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.