PENGEMBANGAN BUKU TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN METAFORA BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS PUISI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ahmad Suyanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p451-458

Abstract

ABSTRAK

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan buku tematik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan menggunakan metafora bahasa Indonesia dalam menulis puisi. Metafora bahasa Indonesia disisipkan pada prosa yang sudah ditentukan, misalnya prosa Melestarikan Budaya Sayan dan Tongklek. Di dalam prosa tersebut terdapat beberapa metafora bahasa Indonesia yang dapat digunakan untuk memperindah puisi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan Four-D Model, namun pada tahap-tahapnya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau diistilahkan dengan Mixed. Mixed merupakan salah satu wujud perkembangan metode penelitian yang memanfaatkan kekuatan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sekaligus (Creswell, 2014:204). Hasil penelitian ini dapat diperhatikan dari tiga tahap. Tahap pertama pendefinisian. Tahap ini meliputi analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap kedua perancangan meliputi penulisan dan penyususun buku tematik draf I dan validasi buku draf I. Tahap ketiga pengembangan yang meliputi: revisi hasil validasi draf I, validasi buku draf II, revisi hasil validasi draf II, uji coba terbatas, uji coba luas, revisi draf III, dan model akhir buku (draf IV). Dari tahap pengembangan buku diperoleh penilaian dari masing-masing validator, yaitu komponen materi mendapat persentase 100%,  komponen penyajian dengan persentase 95%, komponen kebahasaan dengan persentase 100% dan komponen kegrafikaan dengan persentase 100% dan semua komponen mendapat kategori sangat layak. Kualitas buku dari segi penggunaannya diperoleh dari data aktivitas guru, yaitu dengan persentase 100%, respon guru 100%, aktivitas siswa 99,1%, respon siswa 87,9% serta hasil belajar siswa kelas VI-D SDIT Al Uswah Tuban mengalami peningkatan 17 point dari rata-rata nilai pre-tes 76 menjadi rata-rata 94 saat pos-tes. Sedangkan di kelas   VI-A data aktivitas guru mendapat persentase 100%, respon guru 100%, aktivitas siswa 100%, respon siswa 92,7%, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan 18 point dari rata-rata nilai pre-tes 70 menjadi rata-rata 88 saat pos-tes.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Tematik, Kearifan Lokal, Kemampuan Menggunakan Metafora Bahasa Indonesia dalam Menulis Puisi

Author Biography

Ahmad Suyanto, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Audigier, François. (2005) History in the Curriculum. International Journal of Historical Learning, Teaching and Research; Vol. 5 Number 1 January 2005. ISSN 1472 9466

Creswell. John W. (2014). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fraenkel, Jack R. and Wallen, E. (1990). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw Hill.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jaya, Triwidia Novan. (2010). Hypno Teaching œBukan Sekedar Mengajar Bekasi: D-Brain.

Maemunah. (2016). Connecting The Ability To Write Poetry on The Environment and Attitude Towards The Environment With Student Behaviour In Maintenance of Hygiene Environmental School. Vol. VIII No. 2 April.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Muslich, Masnur. (2010). Texs Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Rahardi, Kunjana. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta : Erlangga.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Subekti, Endah W. (2015). Pengembangan Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD Berbasis Karakter dengan menggunakan model Pembelajaran Example non example. Tesis tidak dipublikasikan. Prodi Dikdas. Program Pascasarjana Unesa.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Sivasailam, Semmel, D.S and Semmel M.I. (1974). Instructional Develompment for Training Teacher of Exceptional Children. A Sourcebook. Blomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.

Downloads

Published

2017-04-21

How to Cite

Suyanto, A. (2017). PENGEMBANGAN BUKU TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN METAFORA BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS PUISI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(2), 451–458. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p451-458
Abstract views: 935 , PDF Downloads: 428