STUDI DESKRIPTIF POLA BELAJAR SEBELUM DAN SELAMA PANDEMIC COVID-19 PADA MAHASISWA JURUSAN PGSD FIP UNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p14-22Abstract
ABSTRACT
The success of a lecture process in the PGSD FIP Unesa Department can be observed from the success of students who take the lecture. The success of a lecture conducted by a lecturer can be seen from several indicators including; level of understanding, mastery of material and learning outcomes achieved by a student. The success achieved by a student is also influenced by several factors, one of which is the student's learning pattern. The purpose of this research was to identify and obtain various information related to student learning patterns before and during the Covid-19 pandemic, PGSD Department, FIP Unesa. This type of research is descriptive research. The population in this study were all students of the PGSD FIP Unesa Department and the sample used in the 2017-2018 class, this was because the two groups in the lecture were taught by researchers to make it easier to collect data. The data collection method used was a questionnaire. The research instrument developed is related to learning patterns which have several indicators including; (1) planning learning activities, (2) participating in learning activities, (3) taking exams, and (4) learning evaluations. The data obtained will be analyzed in a descriptive qualitative manner which describes the learning patterns of students of the PGSD FIP Unesa Department before and during the Covid-19 pandemic. So far, it can be concluded that the research with the title of descriptive study of learning patterns before and during the Covid-19 pandemic in students of the PGSD FIP UNESA Department carried out by researchers ran according to the planned time. Student learning patterns have changed between before and during the Covid-19 pandemic. This is influenced by internal and external factors. According to the results and discussion in this study, it is necessary to suggest some activities that can be used in maintaining student learning patterns during the Covid-19 pandemic, namely packaging classroom learning using synchronous and asynchronous methods.
Keywords: Learning Patterns, Learning, Covid-19
ABSTRAK
Keberhasilan suatu proses perkuliahan di Jurusan PGSD FIP Unesa dapat diamati dari keberhasilan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersebut. Keberhasilan perkuliahan yang dilaksanakan oleh seorang dosen dapat diketahui dari beberapa indikator diantaranya; tingkat pemahaman, penguasaan materi dan hasil belajar yang dicapai oleh seorang mahasiswa. Keberhasilan yang dicapai oleh seorang mahasiswa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya pola belajar yang dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan berbagai informasi terkait pola belajar mahasiswa sebelum dan selama masa pandemic covid-19 Jurusan PGSD FIP Unesa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Jurusan PGSD FIP Unesa dan sampel yang digunakan angkatan 2017-2018, hal ini dikarenakan kedua angkatan tersebut dalam perkuliahan diampu oleh peneliti sehingga memudahkan pengambilan data. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket. Instrumen penelitian yang dikembangkan terkait dengan pola belajar yang memiliki beberapa indikator diantaranya; (1) merencanakan kegiatan belajar, (2) mengikuti kegiatan belajar, (3) mengikuti ujian, dan (4) evaluasi belajar. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif yang menggambarkan akan pola belajar mahasiswa Jurusan PGSD FIP Unesa sebelum dan selama masa pandemic covid-19. Sampai sejauh ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan judul studi deskriptif pola belajar sebelum dan selama pandemic covid-19 pada mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA yang dilakukan oleh peneliti berjalan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Pola belajar mahasiswa mengalami perubahan antara sebelum dan selama pandemic covid-19. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Sesuai hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, maka perlu disarankan beberapa kegiatan yang akan dapat digunakan dalam menjaga pola belajar mahasiswa selama pandemic covid-19 yakni mengemas pembelajaran dikelas dengan menggunakan metode sinkronus dan asinkronus.
Kata Kunci: Pola Belajar, Pembelajaran, Covid-19
References
Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algersindo.
Hardiansyah. (2010). Pengaruh Pola Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negeri Malang. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Morgan, Clifford T. (2010). Introduction to Psychology. New York: McGraw-Hill Book Company INC.
Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) mengatur tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah berdasarkan persetujuan Menteri Kesehatan.
Slameto. (2012). Belajardan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.