PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p236-242

Abstract

Proses belajar mengajar yang membosankan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini terjadi disebabkan guru atau pendidik masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar juga perlu dioptimalkan mengingat hasil belajar merupakan sarana untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa. Dengan demikian siswa perlu model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga tercapainya tujuan belajar mereka. Sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu dengan melakukan pengembangan model pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif telah menjadi model pembelajaran yang dominan dalam praktek di seluruh dunia. Dalam penelitian ini, model yang digunakan adalah model pembeajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together). Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional.

Berdasarkan data dalam tabel di atas bahwa nilai rata-rata yang dicapai kelas kontrol pada pre test yaitu 58,33 sedangkan pada post test menjadi 59,22, kemudian untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pre test yaitu 58,21 sedangkan untuk rata-rata nilai post test yang dicapai siswa yaitu sebesar 87,64. Dengan demikian nilai Post Test dan Pre Tes yang  dicapai oleh kelas eksperimen lebih baik dari nilai Post test dan Pre test yang dicapai siswa kelas Kontrol. Kemudian ratarata nilai pre test sebesar 58,33 yang dicapai kelas konrtrol mengalami peningkatan pada rata-rata nilai post test menjadi 59,22. Sedangkan untuk kelas eksperimen juga mengalami peningkatan, rata-rata nilai pada nilai Post test yaitu sebesar 58,21 menjadi 87,64 pada Pre test. Berdasarkan rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol bahwa model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar subtema macam-macam prestasi belajar siswa pada pokok bahasan peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Siti Aminah Surabaya tahun pelajaran 2014-2015.

Hasil engujian hipotesis diperoleh hasil t hitung sebesar 19,005 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian demikian nilai t hitung yang didapat lebih besar dari nilai t dalam tabel (19,005 > 1,7011) sedangkan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05).  Berdasar hasil tersebut, maka hipotesisditerima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif Nubered Head Togather (X), terahadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan peristiwa dalam kehidupan oleh siswa (Y) kelas V SD Siti Aminah Surabaya tahun pelajaran 2014-2015

Author Biography

Reza Syehma Bahtiar, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (1998). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_____. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arnyana, K.I., Mujiati N., Utama, M.W. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit PT. Graha Ilmu.

Aunnurahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bawn, Susan. (2007). The Effects of Cooperative Learning on Learning and Engagement. Washington: A Project Submitted to the Faculty of The Evergreen State College.

Gillies, Robyn M. (2014). Cooperative Learning: Developments in Research. IJEP-International Journal of Educational Psychology. Vol. 3 No. 2. pp. 125-140.

Herrera, Fernando Parga. (2011). Cooperative Structures of Interaction in a Public School EFL Classroom in Bogotá. Colomb. Appl. Linguis t. J. Vol. 13 Number 1, pp.20-34.

Hobri dan Susanto. (2006). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SLTPN 8 Jember Tentang Volume Tabung. Jurnal Pendidikan Dasar. VOL.7 NO.2, pp.74-83.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hunter, William C. (2012). Number Heads Together Strategy in Middle School Mathematics: A Case Study. The Tams Journal. Spring 2012. pp.74-85.

Johnson, David W dan Johnson, Roger T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher. Vol. 38, No. 5, pp. 365379.

Julianto dkk. (2011). Teori dan Implementasi Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Satrijono, Hari. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Dua Tinggal Dua Bertamu (Two Stay Two Stray). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. Vol.1 No.2, pp.166-182.

Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Tegeh, I Made. (2008). Arah Penelitian Pendidikan dan Budaya pada LPTK di Propinsi Bali. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

_____. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Zuhdi, Ahmad. (2010). Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher.

Downloads

Published

2017-06-05

How to Cite

Bahtiar, R. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(3), 236–242. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p236-242
Abstract views: 1514 , PDF Downloads: 528