PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SDN KLUWIH 02 BANDAR BATANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p112-117Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kluwih 02 Bandar Batang. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik ini menekankan pentingnya langkah-langkah dalam pembelajaran, Melalui pendekatan saintifik pembelajaran menjadi berkualitas, karena pembelajarannya diarahkan untuk memandu siswa untuk memecahkan masalah melalui kegiatan perencanaan yang matang, pengumpulan data yang cermat, dan analisis data yang teliti untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) dalam tiga siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I, persentase keberhasilannya adalah sebesar 75%, meningkat pada siklus II menjadi 92%, dan meningkat pada siklus III menjadi 96%. (2) aktivitas siswa pada siklus I, persentase keberhasilannya adalah sebesar 66,7%, meningkat pada siklus II menjadi 89,5%, dan meningkat pada siklus III menjadi 95,8%. (3) hasil belajar pada siklus I, persentase keberhasilannya adalah sebesar 67%, meningkat pada siklus II menjadi 86%, dan meningkat pada siklus III menjadi 95 %. Berdasarkan hasil analisis data terdapat hubungan yang erat antara aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Semakin meningkat aktivitas guru dan aktivitas siswa semakin meningkat pula hasil belajar yang diperoleh siswa.
References
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. (2012). Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Joyce, Bruce., Weil, Marsha dan Calhoun, Emily. (2011). Model of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prima.
Ulfatin, Nurul. (2014). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Cet. Kedua. Malang: Bayumedia Publishing.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.