PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Budhi Rahayu Sri Wulan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p1-5

Abstract

Abstrak

Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran siswa pada masalah autentik (nyata) yang dapat melatih keterampilan berpikir dan memiliki penguasaan konsep yang baik. Materi kubus dan balok merupakan salah satu topik matematika yang banyak menggunakan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas baik pada materi kubus dan balok dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berbasis masalah pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan (1974) yaitu terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Pada penelitian ini, data diperoleh dari hasil penilaian perangkat oleh para validator, hasil observasi aktivitas siswa, kinerja siswa, nilai tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil pengembangan perangkat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penilaian validator terhadap RPP berkategori baik, pengelolaan pembelajaran berkategori baik, aktivitas siswa efektif yaitu 95% siswa melakukan kegiatan sesuai dengan RPP, kinerja siswa dalam kategori memuaskan, Tes hasil belajar siswa mempunyai validitas minimal sedang, reliabilitas sedang, dan sensitivitas baik. Ketuntasan siswa pada kelas uji coba mencapai 91,67% sedangkan pada kelas uji keefektifan mencapai 89,74%. Respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi kubus dan balok efektif.

 

Kata Kunci: Pengembangan perangkat, Pembelajaran Berbasis Masalah, Materi kubus dan balok

Author Biography

Budhi Rahayu Sri Wulan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Arends, R. I. (2008a). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh Buku Satu). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arends, R. I. (2008b). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh Buku Dua). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Depdiknas. (2006). Model Penilaian Kelas: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Puskur, balitbang Depdiknas.

Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Nur, Mohamad. (2008). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expceptional Children. Washington: Virginia.

Downloads

Published

2017-05-14

How to Cite

Wulan, B. R. S. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p1-5
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 245