Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Acuan Standar Berfikir Tingkat Tinggi Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pada mata kuliah pengantar manajemen yang mengacu pada standar berfikir tingkat tinggi mahasiswa. Berfikir tingkat tinggi disebut juga dengan higher, order, thinking, skills (HOTS).. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), modul dan instrumen tes berfikir tinggi. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pada mata kuliah pengantar manajemen tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari: penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli, lembar penilaian untuk kepraktisan, dan instrumen tes berfikir tingkat tinggi. Teknik analisis data terdiri dari 3 tahapan, yaitu analisis kevalidan dari perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan untuk perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi berfikir tingkat tinggi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPS), modul dan instrumen tes HOTS telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efisien.Article Details
References
Ariandari, W. 2015. Mengintegrasikan higher order thinking dalam pembelajaran creative problem solving. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. 489-496.
Astleitner, H. 2002. Teaching critical thinking. Journal of Instructional Psychology, 29 (2), 53.
Conklin, W. & Manfro, J. 2012. Strategies for developing higher-order thinking skills. Shell Educational Publishing.
Miri, B., David, B. C., & Uri, Z. 2007. Purposely teaching for the promotion of higher order thinking skills. A case of critical thinking. Research in Science Education, 37(4), 353 369.
Plomp, T., & Nieveen, N. 2010. An introduction to educational design research. Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development
Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B., 2013. Higher order thinking skills and academic performance in physics of college students: A regression analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. (4), 48 60.
Widoyoko, E. P., 2016. Evaluasi program pembelajaran. Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yee, M. H., Othman, W. B., Yunos, J. M., Tee, T. K., Hassan, R. 2011. The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, I (2), 121 125.