Hubungan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

Main Article Content

Dita Maharani Suwardi
Eeng Ahman
Amir Machmud
Iswanti Iswanti

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kecerdasan emosional dan spiritual terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penetilian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Siliwangi. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling, dengan kriteria yaitu mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2017 yang masih aktif dan telah menempuh minimal 145 SKS, sampel diperoleh sebanyak 115 mahasiswa. Alat instrumen yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian membuktikan (1) kecerdasan emosional secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa, (2) kecerdasan spiritual secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional, spiritual, dan prestasi akademik mahasiswa. Hasil kajian ini memberikan implikasi pentingnya nilai kecerdasan emosional, dan spiritual yang baik dalam memperoleh prestasi akademik yang baik.

Article Details

How to Cite
Suwardi, D. M., Ahman, E., Machmud, A., & Iswanti, I. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 61–70. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p61-70
Section
Articles

References

Agustin, Ary Ginanjar. (2005). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan emosional dan spiritual: ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Jakarta: Arga.

 

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, dan prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21 (Kritik MI, EI, SQ, & Successful Intelligence Atas IQ). Bandung: ALFABELTA (Anggota IKAPI)

 

Hawa, Firdausil. (2015).  Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi akademik Matematika Siswa Kelas VIII Mts Aswaja Tunggangri Tahun Pelajaran 2014/2015. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2530/

 

Handriani, N., & Subhan, M. (2020). Hubungan Kecerdasan Intelektual Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi akademik Fisika. GRAVITY EDU (JURNAL PENDIDIKAN FISIKA), 3(1), 1-4.

 

Patel, S., & Ghani, A. (2016). A Relationship between Spiritual Intelligence and Emotional Intelligence of Higher Secondary students in relation to Academic Achievement. International Journal Multidisciplinary Research, 1, 2455-278.

 

Rampisela, D. I., Rompas, S., & Malara, R. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi akademik Siswa Di SMP Katolikst. Fransiskus Pineleng. JURNAL KEPERAWATAN, 5(1).

 

Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109-141.

 

Saranya, R., & Sangeetha, T. (2017). A study of spiritual intelligence in relation to achievement in science among secondary school students in Coimbatore educational district. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6), 2394-3629.

 

Smartt, M. (2014). The relationship of spiritual intelligence to achievement of secondary students.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: ALFABETA, cv

 

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

 

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian (Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

 

Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

 

Tiwari, G. N., & Dhatt, H. K. (2014). Contribution value of spiritual intelligence, emotional intelligence and self-efficacy in academic achievement of B. Ed. student teachers. International Journal of Modern Social Sciences, 3(1), 51-65.

 

Zohar, Danah dan Marshall, Ian. 2000. Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence. Bloomsberry, Great Britain.