Tutorial Keterampilan Vokasi Tanaman Buah Dalam Pot Dengan Aplikasi Google Drive dan JAWS Bagi Anak Tunanetra

Authors

  • Dian Novita Puspito Rini Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12140

Abstract

Keterampilan vokasi sangat penting bagi siswa tunanetra yang harus siap menghidupi diri sendiri di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari setelah lulus sekolah. Salah satu keterampilan vokasi yang dapat digunakan sehari-hari dan dapat dijual setiap hari dengan modal terjangkau yakni tanaman buah dalam pot (tabulampot). Untuk belajar keterampilan vokasi di era teknologi naktuna netra tidak harus tatap muka langsung, namun dapat belajar di rumah dengan handphone atau laptop. Pembelajaran vokasi bisa diakses dirumah atau di mana saja, sehingga saat di sekolah sudah siap untuk praktik. Langkah-langkah pembuatan tabolampot ini dapat diakses dan diunduh di Google Drive dan disediakan di JAWS. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan model Dick & Carrey. Dihasilkan produk Tutorial Tanaman Buah dalam Pot dengan menggunakan aplikasi Google Drive berorientasi JAWS bagi Siswa tunanetra menunjukkan hasil dengan kategori sangat valid karena memperoleh nilai dari ahli media 82,3%, dari ahli materi memperoleh nilai 93%, dan dari ahli PLB mendapat nilai 82% sehingga layak digunakan.

Kata Kunci: Tutorial, tabulampot, Google Drive, JAWS, Keterampilan vokasi, tunanetra

References

Abidin. 2019. Konsep Pendidikan Islam Berbasis
Pendidikan Kecakapan Hidup.
ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/su
mbula/index Jombang: Undar

Allesi, Stephen M.; U Trollip Stanley R., S.R. 2001.
The Tutorial Approach from Publication: A
Guided Inquiry Learning Approach in a Web.
University of Iowa & Association
(www.alessiandtrollip.com

Ashari, Abdul Aziz. 2018. Implementasi Program
Praktik Keagamaan dalam Meningkatkan
Kecakapan Hidup Siswa Jurusan IPS di MA Darul
Huda Sumbermanjing Wetan Malang.
Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dick, W and Carey, L. (2009). The Systematic Design of
Instruction. (Third ed). United States of America:
Harper Collins Publishers.

Johann G. Zaller. (2007). Vermicompost as a substitute
for peat in potting media: Effects on germination,
biomass allocation, yields and fruit quality of three
tomato varieties. Scientia Horticulturae 112 (2007)
191199. Germany: University of Bonn.

KKBI. (2016). Tutorial Versi 1.9. (Online).
(http:kkbi.web.id/tutorial). Tanggal 5 Januari
2016.

Napiah, S. Wijiastuti, A. Joeda Andajani, S. (2018).
Pengaruh Proyek Model melalui Pendekatan
Ilmiah untuk Kemampuan untuk Siapkan Alat
dan Bahan dari Hidroponik Sayuran Budidaya
Deaf Siswa di SLB Negeri Balikpapan. Jurnal
Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar
Biasa, Volume 6 Nomer 1: 62-66.

Dick, W and Carey, L. (2009). The Systematic Design of
Instruction. (Third ed). United States of
America: Harper Collins Publishers.

Hendra, Jaya at all. 2018. Education for Children with
Special Needs in order to Facilitate Vocational
Skills Journal of Physics: Conference Series.
Hal :1

Muktini. (2019). Tabulampot: Tanaman Buah dalam Pot
Limpahan Rejeki dan Lahan Sempit.
Yogyakarta: Pusaka Baru Press.

Apriliana, Nuraini. 2015. Pemanfaatan Komputer
Bicara dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi
Tunanetra di Yayasan Mitra Netra. Skripsi. UIN
Syarif Hidatullah Jakarta.

Prihandi, Ifan. (2017). Tutorial Google Drive & Google
Apps. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sidik, Zulkifli. 2018. Pengoperasian Komputer Program
JAWS (Job ACCES with Speech for Windows
oleh peserta DidikTunanetra. JASSI Anakku vol
19, no.

Somantri, T. Sutjihati. (2012). Psikologi Siswa Luar
Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
Jurnal GRAB KIDS Volume 1, Nomor 1, Januari 2021
35

Wijiastuti, Asri. (2017). The Effect of Inquiry Based
Science to Science Skill Process and Deviant
Behavior of the Cognitive Disability Student.
Asia-Pacific Journal of Intellectual Disabilitis
(APJID). Vol. 4. pp 22-27

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Puspito Rini, D. N., Wijiastuti, A., & Purbaningrum, E. (2023). Tutorial Keterampilan Vokasi Tanaman Buah Dalam Pot Dengan Aplikasi Google Drive dan JAWS Bagi Anak Tunanetra. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12140

Issue

Section

Articles
Abstract views: 341 , PDF Downloads: 372

Most read articles by the same author(s)