Tutorial Keterampilan Vokasi Tanaman Buah Dalam Pot Dengan Aplikasi Google Drive dan JAWS Bagi Anak Tunanetra

Authors

  • Dian Novita Puspito Rini Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12140

Abstract

Keterampilan vokasi sangat penting bagi siswa tunanetra yang harus siap menghidupi diri sendiri di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari setelah lulus sekolah. Salah satu keterampilan vokasi yang dapat digunakan sehari-hari dan dapat dijual setiap hari dengan modal terjangkau yakni tanaman buah dalam pot (tabulampot). Untuk belajar keterampilan vokasi di era teknologi naktuna netra tidak harus tatap muka langsung, namun dapat belajar di rumah dengan handphone atau laptop. Pembelajaran vokasi bisa diakses dirumah atau di mana saja, sehingga saat di sekolah sudah siap untuk praktik. Langkah-langkah pembuatan tabolampot ini dapat diakses dan diunduh di Google Drive dan disediakan di JAWS. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan model Dick & Carrey. Dihasilkan produk Tutorial Tanaman Buah dalam Pot dengan menggunakan aplikasi Google Drive berorientasi JAWS bagi Siswa tunanetra menunjukkan hasil dengan kategori sangat valid karena memperoleh nilai dari ahli media 82,3%, dari ahli materi memperoleh nilai 93%, dan dari ahli PLB mendapat nilai 82% sehingga layak digunakan.

Kata Kunci: Tutorial, tabulampot, Google Drive, JAWS, Keterampilan vokasi, tunanetra

References

Abidin. 2019. Konsep Pendidikan Islam Berbasis

Pendidikan Kecakapan Hidup.

ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/su

mbula/index Jombang: Undar

Allesi, Stephen M.; U Trollip Stanley R., S.R. 2001.

The Tutorial Approach from Publication: A

Guided Inquiry Learning Approach in a Web.

University of Iowa & Association

(www.alessiandtrollip.com

Ashari, Abdul Aziz. 2018. Implementasi Program

Praktik Keagamaan dalam Meningkatkan

Kecakapan Hidup Siswa Jurusan IPS di MA Darul

Huda Sumbermanjing Wetan Malang.

Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri

Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dick, W and Carey, L. (2009). The Systematic Design of

Instruction. (Third ed). United States of America:

Harper Collins Publishers.

Johann G. Zaller. (2007). Vermicompost as a substitute

for peat in potting media: Effects on germination,

biomass allocation, yields and fruit quality of three

tomato varieties. Scientia Horticulturae 112 (2007)

191199. Germany: University of Bonn.

KKBI. (2016). Tutorial Versi 1.9. (Online).

(http:kkbi.web.id/tutorial). Tanggal 5 Januari

2016.

Napiah, S. Wijiastuti, A. Joeda Andajani, S. (2018).

Pengaruh Proyek Model melalui Pendekatan

Ilmiah untuk Kemampuan untuk Siapkan Alat

dan Bahan dari Hidroponik Sayuran Budidaya

Deaf Siswa di SLB Negeri Balikpapan. Jurnal

Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar

Biasa, Volume 6 Nomer 1: 62-66.

Dick, W and Carey, L. (2009). The Systematic Design of

Instruction. (Third ed). United States of

America: Harper Collins Publishers.

Hendra, Jaya at all. 2018. Education for Children with

Special Needs in order to Facilitate Vocational

Skills Journal of Physics: Conference Series.

Hal :1

Muktini. (2019). Tabulampot: Tanaman Buah dalam Pot

Limpahan Rejeki dan Lahan Sempit.

Yogyakarta: Pusaka Baru Press.

Apriliana, Nuraini. 2015. Pemanfaatan Komputer

Bicara dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi

Tunanetra di Yayasan Mitra Netra. Skripsi. UIN

Syarif Hidatullah Jakarta.

Prihandi, Ifan. (2017). Tutorial Google Drive & Google

Apps. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sidik, Zulkifli. 2018. Pengoperasian Komputer Program

JAWS (Job ACCES with Speech for Windows

oleh peserta DidikTunanetra. JASSI Anakku vol

19, no.

Somantri, T. Sutjihati. (2012). Psikologi Siswa Luar

Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Jurnal GRAB KIDS Volume 1, Nomor 1, Januari 2021

35

Wijiastuti, Asri. (2017). The Effect of Inquiry Based

Science to Science Skill Process and Deviant

Behavior of the Cognitive Disability Student.

Asia-Pacific Journal of Intellectual Disabilitis

(APJID). Vol. 4. pp 22-27

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Puspito Rini, D. N., Wijiastuti, A., & Purbaningrum, E. (2023). Tutorial Keterampilan Vokasi Tanaman Buah Dalam Pot Dengan Aplikasi Google Drive dan JAWS Bagi Anak Tunanetra. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12140

Issue

Section

Articles
Abstract views: 453 , PDF Downloads: 519

Most read articles by the same author(s)