Media Video Pembelajaran Materi Perubahan Cuaca Dalam Learning Management System Berbasis Web Bagi Siswa Tunarungu

Authors

  • Alfiana Firdausi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12138

Abstract

Siswa tunarungu sering mengalami penurunan minat belajar ketika pembelajaran bersifat verbal karena karakteristik belajarnya visual. Sebab itu diperlukan media yang dapat memvisualisasikan pembelajaran. Video pembelajaran dengan Learning Management System (LMS) berbasis web sesuai kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran materi perubahan cuaca dengan LMS berbasis Web bagi siswa tunarungu. Pendekatan penelitian pengembangan (R&D), dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluate) digunakan karena berupaya menghasilkan produk tertentu, dan menguji kelayakan produk tersebut. Hasilnya, Video perubahan cuaca dengan LMS berbasis WEB yang dapat diakses di laman www.media.tunarungu.com nilai tervalidasi ahli media 97,72%, tervalidasi ahli materi 91,6%, tervalidasi ahli Pendidikan Luar Biasa 78,26%. Dapat disimpulkan bahwa Learning Management System Berbasis WEB Materi Perubahan Cuaca Bagi Siswa Tunarungu dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan pada guru memperoleh prosentase nilai 74% termasuk kategori baik. Uji keefektifan praktik penggunaan produk oleh siswa dengan uji gain diperoleh hasil 0,6 yang menunjukkan bahwa keefektifan media video dengan LMS berbasis WEB efektif pada tahapan pembelajaran.

Kata Kunci: Video, LMS, WEB, Tunarungu, Cuaca

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The
ADDIE Approach. New York: Springer

Berk, R. A. (2009). Multimedia Teaching with Video
Clips¯: TV , Movies , YouTube , and mtvU in
the College Classroom. International Journal
of Technology in Teaching and Learning
[Online].

Chang, C.-Y., Chien, Y.-T., Chiang, C.-Y., Lin, M.-
C., & Lai, H.-C. (2013). Embodying gesturebased multimedia to improve learning. British
Journal of Educational Technology.
https://doi.org/10.1111/j.1467-
8535.2012.01311.x

Efendi, A., Sumarni, S., & Efendi, A. (2018).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO
TUTORIAL PADA MATA KULIAH
MEKANIKA TANAH. Indonesian Journal Of
Civil Engineering Education.
https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i3.11198

Martin, S. N., & Siry, C. (2012). Using Video in
Science Teacher Education: An Analysis of the
Utilization of Video-Based Media by Teacher
Educators and Researchers. In Second
International Handbook of Science Education.
https://doi.org/10.1007/978-1-4020-9041-7_29

Mukhopadhyay, S., & Moswela, E. (2010). Inside
practice of science teachers for students with
hearing impairments in botswana primary
schools. International Journal of Special
Education.

Putri, Ni Made L.K, Parmiti, Desak P, & Sudarma,
Komang (2017). Pengembangan Video
pembelajaran Bahasa Isyarat berbasis
pendidikan karakter pada siswa kelas V di
SDLB-B Negeri 1 Buleleng. e-Journal Edutech
Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan
Teknologi Pendidikan,

Stinson, M. S., & Stevenson, S. (2013). Effects of
Expanded and Standard Captions on Deaf
College Students Comprehension of
Educational Videos. American Annals of the
Deaf. https://doi.org/10.1353/aad.2013.0033
Seidel, Tina, Blomberg, Geraldine & Renkl,

Alexander (2013). Instructional strategies for
using video in teacher education. Teaching and
Teacher
Education.https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.0
3.004

Somantri, Sutjiahati. (2012). Psikologi Anak Luar
Biasa. Bandung: PT Refika Adiatma.

Tanner, John (Jeff) F & Dixon, Andrea L (2013).
Introduction to the Thirtieth Anniversary
Special Issue: Creating the Future for Sales and
Sales Management Research. Journal of
Personal Selling & Sales Management.
https://doi.org/10.2753/pss0885-3134320101

Thomsen, O. N. (2010). From talking heads to
communicating bodies: Cybersemiotics and
total communication. Entropy.
https://doi.org/10.3390/e12030390

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I.,
(1974). Instructional Development for Training
Teachers of Exceptional Children: a
Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Widjiastuti,Asri.dkk.(2019). Design Science
Education for Student with Special Needs Use
Learning Management System Platform
Moodle. Journal of International Conference
on Education and Technology (ICET)

Zakia, Dieni, Sunardi & Yamtinah, Sri. (2016).
Pemilihan dan penggunaan Media
Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu kelas XI
Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Sainsmat, V
(1), 23-30

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Firdausi, A., Purbaningrum, E., & Murtadlo, M. (2023). Media Video Pembelajaran Materi Perubahan Cuaca Dalam Learning Management System Berbasis Web Bagi Siswa Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12138

Issue

Section

Articles
Abstract views: 842 , PDF Downloads: 1079

Most read articles by the same author(s)