Pengembangan Media Video Pembelajaran Agama Katolik Berbantuan Bisindo di Komunitas Tunarungu Katolik

Authors

  • Melania Safirista Sofiarti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pujiastuti Sartinah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21879

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran agama Katolik berbantuan Bahasa Isyarat Indonesia di komunitas Tunarungu Katolik. Hal ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan komunitas tunarungu dalam penguasaan ketrampilan berbahasa serta pemahaman tentang ajaran Agama Katolik. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE, yaitu metode pengembangan dari model instruksional. Media video pembelajaran ini dibuat menyesuaikan karakter belajar komunitas tunarungu, yakni dengan Bahasa Isyarat Indonesia dan disediakan teks atau terjemahan. Hasil presentase dari masing-masing penguji menunjukkan bahwa media video pembelajaran agama Katolik ini layak digunakan dengan presentase sebesar 85% dari ahli materi tunarungu, 95% dari ahli materi agama katolik, dan 81% dari ahli media. Dengan adanya media video pembelajaran ini, diharapkan umat Tunarungu Katolik dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang agama Katolik serta ibadah hari Minggu, dan juga dapat meningkatkan akses mereka terhadap informasi dan pemahaman ajaran agama.

Kata Kunci: Tunarungu, Bahasa Isyarat, Agama Katolik, Video

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Sofiarti, M. S., Murtadlo, M. ., & Sartinah, E. P. . (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Agama Katolik Berbantuan Bisindo di Komunitas Tunarungu Katolik. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 39–44. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21879

Issue

Section

Articles
Abstract views: 94 , PDF Downloads: 102