Pengembangan Media Booklet Timbul Berbasis Braille Materi Kenampakan Alam Provinsi Jawa Timur

Authors

  • Dwi Putri Fatmawati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidiakn Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14408

Abstract

Pengetahuan geospasial pada anak tunanetra memerlukan kebaruan dan kepraktisan dari penggunaan peta timbul menjadi media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk pengenalan lingkungan. Penelitian ini menghasilkan prototipe Buku Braille Materi Penampilan Alam di Provinsi Jawa Timur Untuk Siswa Tunanetra Kelas IV SDLB. Penelitian ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu pengembangan media menggunakan model ADDIE, dilanjutkan dengan uji validasi ahli dan mengetahui kepraktisan respon guru serta evaluasi hasil belajar pretest dan posttest dengan menggunakan perhitungan Gain Score. Berdasarkan hasil uji validasi ahli pendidikan luar biasa yang terdiri dari ahli yang menunjukkan persentase kelayakan 75%, ahli media yang menunjukkan persentase kelayakan 82%, ahli materi yang menunjukkan persentase 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layak digunakan oleh siswa tunanetra. Berdasarkan respon guru terhadap media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 90%. Berdasarkan perolehan skor tes dengan subjek 6 siswa di kelas IV menunjukkan nilai <g> = 0,5. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa tunanetra mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media booklet timbul berdasarkan tampilan bahan alam braille di Provinsi Jawa Timur. Media buklet berbasis Braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB dinilai layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB.

 

Kata Kunci: Booklet, Braille, Siswa Tunanetra

Author Biography

Murtadlo Murtadlo, Pendidiakn Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa

References

<div class="Section1"><p>Abdullah N (2012) : Bagaimana Mengajarkan Anak Tunanetra (di sekolah Inklusi). <em>Staf Pengajar Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Unwidha Klaten. Magistra</em>No. 82 Th. XXIV.ISSN 0215-9511.</p><p> </p><p>Aldoobie Nada. (2015). ADDIE Model: <em>American International Journal of Contemporary Research. </em>Vol. 5, No. 6; December 2015</p><p> </p><p>Arsyad Azhar. (2015). <em>Media Pembelajaran</em>. Jakarta</p><p>: PT Rajagrafindo persada.</p><p> </p><p>Atlas Indonesia dan Dunia- Edisi 34 Provinsi Indonesia, (2015). CV Pustaka Setia. Bandung.</p><p> </p><p>Binosha T, Illangasinghe, Dickwella, Anuradha, J,G,C, Peiris,.&amp; Shashika L. (2015<em>) </em>Digital Talking Book: Braille and Talking Book tools, Important &amp; insufficient: <em>International Journal of Computer Applications </em>(0975 8887)Volume 121 </p><p>No.6, July 2015.</p><p> </p><p>Englebretson R (2009). An overview of IPA Braille: An updated tactile representation of the</p><br clear="all" /><p>International Phonetic Alphabet. <em>Journal of the International Phonetic Association </em>,39- 1.</p><p>doi:10.1017/S0025100308003691</p><p> </p><p>Ellyza U, Irwan, B., Mardiana. (2014). Efekktiivitas Media Booklet Braille Dalam Meningkatkkan Pengetahuan Gizi Pada Anak Tunanetra<em>. Unnes Journal of Public Health</em>. ISSN 2252-6528</p><p> </p><p>Fitria Roz. (2012). Media Gizi Booklet. Padang :</p><p><em>Politekes Kemenkes RI Padang</em></p><p><em> </em></p><p>Gustaning G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada Kompetensii Menggambar Celana Siswa SMKN 1 Jenar<em>. </em>Abstract di peroleh dari eprints.uny.ac.id/29300/1/Guni Gustaning10513244017.pdf</p><p> </p><p>Hadi, Purwaka. 2005. <em>Kemandirian Tunanetra. </em>Depdiknas Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta: 2005</p><p> </p><p>Hallahan, Daniel. P Kauffman, James M. &amp; Paige C. Pullen. (2009). <em>Exceptional Learner An Introduction to Special Education</em>. United States of America: Pearson</p><p> </p><p>Hobri, H. (2010). <em>Metodologi Penelitian Pengembangan: Aplikasi pada Penelitian Matematika. Jember</em>: Pena Salsabila</p><p> </p><p>Munadi Yudhi. (2013). <em>Media Pembelajaran</em>. GP Press Group, Jakarta.</p><p>Muzakki ,F, &amp; Wahyono, E. (2014<em>) </em>Pengembangan Media Peta Timbul kenampakan alam IPS bagi Siswa Tunanetra kelas <em>VI: </em>Manfaat Media Peta Timbul: <em>Jurnal Ortopedagogi </em>(188-190) Volume 1, nomor 3, Desember</p><p>2014.</p><p> </p><p>P. Chakrabortia, H.A, Karahan Toprakcia,c,P, Yangb,N, Di Spignab, P. Franzonb, T. Ghosha. (2012). A compact dielectric elastomer tubular actuator for refreshable Braille displays<em>. Department of Textile Engineering, Chemistry and Science, </em>151, doi:10.1016/j.sna.2012.02.004</p><p> </p><p>Pedoman Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (2015). <em>Pedoman penilisan tesis dan disertasi. </em>Surabya</p><p> </p><p><em>Peta Jawa Timur</em>, (2013). Indo Prima Sarana. Surabaya</p><p> </p><p>Resa W. Galuh N, P. (2016). Buku Gizi Braille Sebagai Media Pendidikkan Untu MEeningkatkan Pengetahuan Anak</p></div><br clear="all" /><p>Tunanetra. <em>Unnes Journal of Public Health</em>. ISSN 2252-6528</p><p> </p><p>Roymond S. Simamora. (2009). <em>Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan</em>. Jakarta : EGC</p><p> </p><p>Sapriyadi. (2012). <em>Pendidikan IPS. </em>Bandung : PT Remaja Rosdakarya.</p><p> </p><p>Shahbaz A. K., Shakir H. M., Aamir J., Blind Aid (2014<em>): </em>A Self-Learning Braille System for Visually Impaired<em>. International Journal of Engineering Research and General Science, </em>Volume 2, Issue 4, June-July. ISSN 2091-</p><p>2730</p><p> </p><p align="center">Sitepu.(2012). <em>Penulisan    Buku     Teks     Pelajaran.</em></p><p align="center">Bandung : PT Remaja Rosdakarya</p><p> </p><p>Sudjana. (2007) <em>Media Pengajaran. </em>Bandung: Sinar Bayu Algensindo offset.</p><p> </p><p align="center">Sugiono. (2009).   <em>Metode Penelitian Pendidikan</em>.</p><p>Bandung : Alfabeta</p><p> </p><p>Sugiono (2016). <em>Metode Penelitian dan Pengembangan (research and development/ R&amp;D</em>). Bandung : Alfabeta</p><p> </p><p>Supardan, Dadang. (2015). <em>Pembelajaran IIlmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. </em>Jakarta : Bumi Aksara</p><p> </p><p>Tarsidi, Didi. (2010). <em>Belajar Braile Dalam 6 Modul</em>. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia</p><p> </p><p>Umar, S. Thayeb H.Ms. Sunanto. Suparna. Said M. dan Sukardi. (2016). <em>IPS Terpadu Jilid 4 Untuk SD/MI Kelas IV, </em>Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama</p><p> </p><p><em>Wahyuni, R &amp; Nita P, G. (2016). </em>Buku Gizi Braille Sebagai Media Pendidikam Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak Tunanetra<em>. </em>Abstract di peroleh dari http:// journal.unnes.ac.id./sju/index.php/ujph</p><p> </p><p>Yuswan. <em>KIKD IPS untuk anak tunanetra</em>. Diperoleh dari       website:</p><p><a href="https://yuswan62.files.wordpress.com/2017/05/11-ki-kd-ips-sdlb-tunanetra_pklk_rev.pdf">https://yuswan62.files.wordpress.com/2017/</a> <a href="https://yuswan62.files.wordpress.com/2017/05/11-ki-kd-ips-sdlb-tunanetra_pklk_rev.pdf">05/11-ki-kd-ips-sdlb-</a> <a href="https://yuswan62.files.wordpress.com/2017/05/11-ki-kd-ips-sdlb-tunanetra_pklk_rev.pdf">tunanetra_pklk_rev.pdf</a></p><p> </p><p>Zaghloul R,I,. &amp; Tomader Jameel Bani-Ata T,J. (tt</p><p>)Braille Recognition System With a Case Study Arabic Braille Documents: Cases for visual Impaired : <em>journal by Al-Balqa'a University, </em>Amman College</p>

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Fatmawati, D. P., Murtadlo, M., & Andajani, S. J. (2023). Pengembangan Media Booklet Timbul Berbasis Braille Materi Kenampakan Alam Provinsi Jawa Timur. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(2), 62–67. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14408

Issue

Section

Articles
Abstract views: 287 , PDF Downloads: 131