Media Audible Ball Elektrik Untuk Meningkatkan Efektivitas Dalam Bermain Sepak Bola Pada Siswa Tunanetra
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i1.12136Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fasilitas pembelajaran sepak bola dengan fasilitas bola sepak bersuara yang kurang memadai bagi siswa tunanetra dan perlu mendapat perhatian lebih. Siswa tunanetra sebenarnya telah menggunakan media suara pada bola tersebut, namun suara yang dihasilkan oleh bola tersebut masih sangat terbatas, bola baru akan berbunyi atau mengeluarkan suara jika bola sedang bergerak. Jika bola diam atau tidak ada gerakan, bola tidak akan mengeluarkan suara. Untuk itu diperlukan solusi membuat bola khusus tunanetra yang dapat berbunyi dalam posisi diam atau tanpa digerakkan sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa tunanetra untuk bergerak atau bermain dengan bola tersebut. Dengan dukungan teknologi akan memberikan dukungan kepada tujuan guru untuk memotivasi semua siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk audible ball elektrik untuk meningkatkan efektivitas dalam bermain sepak bola siswa tunanetra yang teruji kelayakannya dari aspek kevalidannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan uji validitas dari beberapa ahli diperoleh hasil: (1) ahli media 93%, (2) ahli materi pendidikan khusus 95%, (3) ahli olahraga 79%. Kevalidan media sangat tinggi, artinya media bola audibel elctronic sangat layak digunakan dalam program pembelajaran olahraga siswa tunanetra.
Kata Kunci: Bola berbunyi, permainan sepak bola, tunanetra
References
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta
: PT. Raja Grafindo Persada.
Branch, Robert Maribe. (2010). Instructional Design:
The ADDIE Approach. Amerika Serikat: Springer
Science and Business Media. DOI: 10.1007/978-0-
387-09506-6
Djoko Pekik Irianto. (2010). Dasar Kepelatihan.
Yogyakarta : FIK UNY
Dunn, J. M., & Leitschuh, C. (2006).Special physical
education. Dubuque, IA: KendallHunt.
Gargiulo, Richard M. (2012). Special Education in
Contemporary Society. America: SAGE. ISBN
978-1-4129-88933
Hallahan, Daniel P; James M, Kauffman, & Paige C.
Pullen. 2010. Exceptional Learners: An
Introductional to Spesial Education. USA:
Pearson.
Hendrayana (2018).Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif
Belajar Melalui Penerapan Inovasi Bola Bersuara
Bagi Tunanetra. ISBN 978-602-6428-73-8
Hermawan, S., & Efendi, J. (2018). Efektivitas Media
Bola Bersuara dalam Meningkatkan Kemampuan
Melempar Bola secara Terarah bagi Penyandang
Tunanetra. 6, 2227.
Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian
Pengembangan: Aplikasi Pada Penelitian
Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabil
Luxbacher, Joseph A. (2004). Sepakbola. Edisi ke- 2,
Cetakan ke 4. Jakarta: PT. Raja Persada.
Mowling, C. M., Eiler, K. K., Brock, S. J., & Rudisill,
M. E. (2004). StudentMotivation in Physical
Education. JOPERD: The Journal of Physical
Education, Recreation & Dance, 75(6), 4051.
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah
Pendekatan Baru). Jakarta: GP Press Group
Nani, Karman La & Kusuma, Yaya S. (2015). The
Effectiveness Of ICT-Assisted Project Based
Learning In Enhancing Students Statistical
Communication Ability. International Journal of
Education and Research. 3(8), 187 - 196. ISSN:
2411-5681
Salim, Agus (2008). Buku Pintar Sepak bola.
Bandung : Nuansa
Somantri, T. Sutjihati. (2012). Psikologi Siswa Luar
Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
Sucipto. 2006. Sepakbola. Departemen Pendidikan
Dan Kebudayaan. Jakarta.
Suharmini, Tin. (2007). Psikologi Siswa
Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional
Yosfan, Azwandi. 2007. Media Pembelajaran Siswa
berkebutuhan Khusus. Jakarta:Depdiknas Dirjen
Dikti Direktorat Ketenagaan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

