Implemestasi Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Bontang

Authors

  • Afdhol Choliqul Maa'ruf Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyanto Budiyanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21855

Abstract

Pendidikan inklusif di Kota Bontang, Indonesia, menghadapi tantangan dan hambatan. Penelitian ini bertujuan memahami implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas program inklusi. Fokusnya adalah manajemen kesiswaan, kurikulum, dan proses pembelajaran.. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari penyedia pendidikan inklusif yang ditunjuk. Model interaktif Milles dan Hubberman digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen siswa dimulai dengan kegiatan perencanaan dan identifikasi untuk penerimaan siswa baru. Penerimaan siswa berkebutuhan khusus dilakukan melalui jalur inklusi, yang mengacu pada mekanisme dan persyaratan pendaftaran yang tertuang dalam pedoman pelaksanaan pendaftaran siswa baru. Manajemen kurikulum melibatkan pengembangan penggunaan Kurikulum 2013 dan kurikulum mandiri yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus. Manajemen proses pembelajaran dalam kelas inklusi dimulai dengan perencanaan, analisis berdasarkan presentasi, indikator, rencana pelajaran, dan modifikasi konsep untuk memenuhi kemampuan individu siswa. Latihan struktural dilaksanakan sesuai rencana pelajaran dengan modifikasi konsep, dan evaluasi bagi siswa berkebutuhan khusus meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan oleh guru kelas/mata pelajaran dan GPK, dan laporan hasil belajar siswa dari ketiga sekolah tersebut menetapkan KKM yang telah disesuaikan dengan kemampuan siswa berkebutuhan khusus.Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan dampak positif implementasi manajemen pendidikan inklusif di Kota Bontang, Indonesia. Implementasi yang berhasil memerlukan perencanaan yang komprehensif, kurikulum yang fleksibel, dan metode evaluasi yang tepat. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan kebijakan dan praktik pendidikan inklusif serta menjadi inspirasi bagi penelitian di daerah lain di negara ini.

Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Sekolah, Pendidikan Inklusif.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Choliqul Maa’ruf, A., Budiyanto, B., & Andajani, S. J. . (2023). Implemestasi Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Bontang. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 53–58. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21855

Issue

Section

Articles
Abstract views: 424 , PDF Downloads: 330