Pelaksanaan Pembelajaran Online Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan Saat Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16348Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis strategi pembelajaran online; (2) Menemukan kendala pembelajaran online; dan (3) Menemukan faktor dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran online di masa pandemi covid-19 bagi siswa tunagrahita ringan di SMP N 6 Tuban. Penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diantaranya meliputi: wawancara, observasi dan rekaman arsip. Proses yang di amati meliputi aktivitas peserta didik tunagrahita ringan melalui pembelajaran online mata pelajaran IPS, Agama, PPKN dengan subjek guru kelas, dan orang tua di sekolah inklusif SMP Negeri 6 Tuban. Hasil temuan strategi pembelajaran online untuk anak tunagrahita ringan di sekolah inklusif SMP Negeri 6 Tuban guru menggunakan aplikasi online berupa whatsapp dan google classroom sebagai penugasan peserta didik, kendala pembelajaran online materi yang dibagikan tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik dengan kebutuhan khusus, semua dukungan pembelajaran menggunakan teknologi.
Kata Kunci: Tunagrahita, Pembelajaran Online, Pendidikan Inklusif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

