Pelaksanaan Pembelajaran Online Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan Saat Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif

Authors

  • Dita Alfiatul Ilmi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyanto Budiyanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Mudjito Mudjito Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16348

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis strategi pembelajaran online; (2) Menemukan kendala pembelajaran online; dan (3) Menemukan faktor dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran online  di masa pandemi covid-19 bagi siswa tunagrahita ringan di SMP N 6 Tuban. Penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diantaranya meliputi: wawancara, observasi dan rekaman arsip. Proses yang di amati meliputi aktivitas peserta didik tunagrahita ringan melalui pembelajaran online mata pelajaran IPS, Agama, PPKN  dengan subjek guru kelas, dan orang tua di sekolah inklusif SMP Negeri 6 Tuban. Hasil temuan strategi pembelajaran online untuk anak tunagrahita ringan di sekolah inklusif  SMP Negeri 6 Tuban guru menggunakan aplikasi online berupa whatsapp dan google classroom sebagai penugasan peserta didik, kendala pembelajaran online materi yang dibagikan tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik dengan kebutuhan khusus, semua dukungan pembelajaran menggunakan teknologi.

 Kata Kunci: Tunagrahita, Pembelajaran Online, Pendidikan Inklusif

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Alfiatul Ilmi, D., Budiyanto, B., & Mudjito, M. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Online Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan Saat Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1), 54–65. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16348

Issue

Section

Articles
Abstract views: 171 , PDF Downloads: 332