Pengembangan Tutorial Toilet Training Peserta Didik Autis Berbasis Web Format Mobile Version Bagi Guru di Sekolah Inklusi

Authors

  • Shinta Idah Pertiwi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Mudjito Mudjito Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Tutorial Toilet training Peserta Didik Autis Berbasis Web Format Mobile version Bagi Guru di Sekolah Inklusi dan mendeskripsikan validitas produk dari ahli materi, dan ahli materi. Desain penelitian menggunakan desain pengembangan ADDIE dari Branch 2010 yang dimodifikasi hanya sampai ke tahap pengembangan (development). Teknik pengumpulan data meliputi proses pengembangan data dengan teknik validasi yang dilakukan oleh ahli materi, dan ahli media.  Untuk mengetahui bahwa produk ini berkualitas baik dan layak dengan melihat hasil analisis skor instrumen validasi ahli.  Dari data uji validasi ahli, mendapatkan skor  persentase 96,4%  dan dari ahli materi, skor persentase 83,8%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, dan ahli media, menunjukkan bahwa Tutorial Toilet training Peserta Didik Autis Berbasis Web Format Mobile version Bagi Guru di Sekolah Inklusi layak digunakan untuk pembelajaran siswa autis.

Kata Kunci: Toilet Training, Web, Autis

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Idah Pertiwi, S., Wagino, W., & Mudjito, M. (2023). Pengembangan Tutorial Toilet Training Peserta Didik Autis Berbasis Web Format Mobile Version Bagi Guru di Sekolah Inklusi . GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16394

Issue

Section

Articles
Abstract views: 331 , PDF Downloads: 504