Pengembangan Literasi Bahan Ajar Tema 1 Diriku Berbasis Aplikasi Lip Motion Bagi Siswa Tunarungu

Authors

  • Ariensa Gita Pralistyo Putri Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliyati Yuliyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16396

Abstract

Siswa tunarungu mengalami hambatan dalam mengikuti pembelajaran secara online di masa pandemi, terlebih pada pembelajaran literasi. Sebuah alternatif diperlukan untuk memecahkan permasalahan agar siswa tunarungu dapat belajar dan mengembangkan literasi dari rumah. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, pengembangan aplikasi sebagai media pembelajaran menjadi sorotan. Berdasarkan kajian tersebut, penelitian ini menawarkan konsep pengembangan literasi yang dikemas dalam bentuk aplikasi Lip Motion. Dengan aplikasi Lip Motion, siswa tunarungu dapat memahami pesan yang disampaikan melalui penguatan oral dalam bentuk video yang diperankan oleh manusia. Metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, terbatas menggunakan tiga tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, dan pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dapat dilakukan sebagai dampak dari pandemi Covid-19, dimana pembelajaran tatap muka di sekolah belum diberlakukan. Pada penelitian ini, aplikasi Lip Motion sudah terbukti layak menurut ahli materi dengan perolehan nilai 80%, ahli media dengan perolehan nilai 98%, dan terbukti praktis menurut praktisi dengan perolehan nilai 93%.

Kata Kunci: Literasi, Aplikasi Lip Motion, Siswa Tunarungu

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Gita Pralistyo Putri, A., Yuliyati, Y., & Purbaningrum, E. (2023). Pengembangan Literasi Bahan Ajar Tema 1 Diriku Berbasis Aplikasi Lip Motion Bagi Siswa Tunarungu . GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16396

Issue

Section

Articles
Abstract views: 217 , PDF Downloads: 294

Most read articles by the same author(s)