Pengembangan Buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabiitas Rungu
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21839Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan serta mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan Buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabilitas Rungu. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan Research and Development ( R & D ) dengan mengadaptasi model 4D dari Thiagarajan 1974. Penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Teknik analisis data menggunakan skala likert yang memiliki lima skor penilaian dan dirata-rata setiap butir pertanyaan. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Dari data uji validasi ahli, mendapatkan skor persentase 78% dari ahli materi dan 98% dari ahli media.Sedangkan uji kepraktisan oleh ahli praktisi (guru kelas V) memperoleh 88% berada pada kategori baik. Kemudian, rata-rata hasil uji kepraktisan peningkatan pemahaman 6 siswa disabilitas rungu setelah diberikan buku panduan dan mempraktikannya memperoleh 90%.Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan praktis dan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa disabilitas rungu tentang moda transportasi. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabilitas Rungu praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran siswa disabilitas rungu.
Kata Kunci: percakapan bahasa fungsional, disabilitas rungu, buku panduan, transportasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

