Pengembangan Panduan Intervensi Dini Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia Sekolah Berbantuan Learning Management System Bagi Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21444Abstract
Penelitian ini mengembangkan Panduan Intervensi Dini pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia Sekolah menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) sebagai sarana pengembangan dan pengiriman materi secara online kepada orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah Riset dan Pengembangan (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan adalah panduan dengan bantuan LMS dan Petunjuk Pengguna. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, yang menyimpulkan bahwa produk layak digunakan dengan skor 88,75% oleh ahli materi dan 97% oleh ahli media.. Hasil uji kepraktisan menunjukkan kemudahan penggunaan panduan dengan bantuan LMS oleh empat orang tua. Uji keefektifan menunjukkan peningkatan dengan skor rata-rata 91% pemahaman orang tua dan kemampuan komunikasi anak-anak mereka yang mengalami gangguan spektrum autisme. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Panduan Intervensi Dini pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia Sekolah berbantuan LMS praktis dan mudah digunakan. Panduan ini dapat meningkatkan pemahaman orang tua mengenai intervensi dini pada anak-anak autis dan juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Produk ini juga layak digunakan sebagai alat pengembangan materi pendidikan online.
Kata Kunci: intervensi dini, learning management system, google sites, autis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section


