Pengembangan Media Permainan Edukatif Tebak Gambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19082Abstract
Penelitihan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan permainan edukatif tebak gambar berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunarungu, (2) memperoleh validasi produk pengembangan permainan edukatif tebak gambar berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunarungu. Pengembangan produk ini menggunakan desain model pengembangan Thiagarajan, S, Semmeln,D,S & Semmel M.I (1974) yaitu model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D (define, design dan develop). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket ahli media dan ahli materi. Analisis data menggunakan uji statistik. Uji coba produk pengembangan pada pengguna (siswa tunarungu) belum dapat dilakukan karena kondisi pandemi COVID-19, sehingga untuk mengetahui kelayakan produk pada penelitian ini hanya dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh persentase validasi ahli media sebesar 89,5% termasuk dalam kategori sangat valid, dan validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 77,3% termasuk dalam kategori valid.
Kata Kunci: Permainan Edukatif, Membaca, Tunarungu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

