Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Orangtua Dalam Intervensi Keterampilan Berbahasa Siswa Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14406Abstract
Hambatan kemampuan berbahasa siswa tunarungu berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupannya. Pengaruh hambatan tersebut bisa diminimalkan dengan memberikan intervensi keterampilan berbahasa sedini mungkin, dalam hal ini peran orangtua yang paling utama.Namun kenyataannya sebagian besar orangtua belum melakukan intervensi keterampilan berbahasa saat berada di rumah.Terkait kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis aplikasi android bagi orangtua untuk intervensi keterampilan berbahasa siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan meliputi define, design, develop dan disseminatedilaksanakan sampai tahap develop(pengembangan produk). Teknik pengumpulan datanya meliputi data proses pengembangan dengan teknik validasi ahli media dan ahli materi tunarungu. Kualitasdan kelayakanproduk ditentukan dari hasil analisis skor validasi ahli.Hasil dari validator media sebesar 4,2 dan validator materi sebesar 3,85. Setelah dikonversikan dengan skor kategori kelayakan maka multimedia interaktif berbasis aplikasi android untuk orangtua dalam intervensi keterampilan berbahasa siswa tunarungu termasuk kategori “sangat layak” untuk media dan “layak” untuk materi. Sehingga media ini dapat digunakan orang tua untuk pendampingan intervensi pengembangan keterampilan berbahasa anak tunarungu secara kontinyu agar anak tunarungu dapat menggunakan bahasa lebih efektif di lingkungan rumahnya.
Kata Kunci: intervensi, keterampilan berbahasa, multimedia interaktif, orangtua tunarungu.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

