Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Orangtua Dalam Intervensi Keterampilan Berbahasa Siswa Tunarungu

Authors

  • Aminah Indriyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14406

Abstract

Hambatan kemampuan berbahasa siswa tunarungu berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupannya. Pengaruh hambatan tersebut bisa diminimalkan dengan memberikan intervensi keterampilan berbahasa sedini mungkin, dalam hal ini peran orangtua yang paling utama.Namun kenyataannya sebagian besar orangtua belum melakukan intervensi keterampilan berbahasa saat berada di rumah.Terkait kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis aplikasi android bagi orangtua untuk intervensi keterampilan berbahasa siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan meliputi define, design, develop dan disseminatedilaksanakan sampai tahap develop(pengembangan produk). Teknik pengumpulan datanya meliputi data proses pengembangan dengan teknik validasi ahli media dan ahli materi tunarungu. Kualitasdan kelayakanproduk ditentukan dari hasil analisis skor validasi ahli.Hasil dari validator media sebesar 4,2 dan validator materi sebesar 3,85. Setelah  dikonversikan dengan skor kategori kelayakan maka multimedia interaktif berbasis aplikasi android untuk orangtua dalam intervensi keterampilan berbahasa siswa tunarungu termasuk kategori “sangat layak” untuk media dan “layak” untuk materi. Sehingga media ini dapat digunakan orang tua untuk pendampingan intervensi pengembangan keterampilan berbahasa anak tunarungu secara kontinyu agar anak tunarungu dapat menggunakan bahasa lebih efektif di lingkungan rumahnya.

 

Kata Kunci: intervensi, keterampilan berbahasa, multimedia interaktif, orangtua tunarungu.

References

<p class="DaftarPustaka">Araujo, Tiago Maritan U.de., Ferreira, Gelipe L.S., Silva, Danilo A.N.S., Oliveira, Leonardo D., Falcao, Eduardo L., Domingues, Leonardo A., Martins, Vandhyu F., Portela, Igor A.C., Nobrega, Yurika S., Lima, Hozana R.G., Filho, Guido L. Souza, Tavares, Tatiana A., &amp; Duarte, Alexandre N. (2014). An Approach to Generate and Embed Sign Language Video Tracks into Multimedia Contens. Volume 281, pages 762-780. Diperoleh dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0020025514004551.</p><p class="DaftarPustaka">Arif Mahya Fanny, Siti Artini Suardiman (2013). Interactive Multimedia Development for Lesson Social Science (IPS) Fifth Grade Elementary School. Jurnal Prima Edukasia, vol 1 No 1 p2-9.</p><p class="DaftarPustaka">Arsyad. Azhar (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.</p><p class="DaftarPustaka">Arsyad. Azhar (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press</p><p class="DaftarPustaka">Astrida (2012). Peran dan Fungsi Orangtua dalam Mengembangkan Emosional Anak. Diperoleh dari : http://sumsel.kemenag.go.id/index.php?s=artikel=11413</p><p class="DaftarPustaka">Asyhar, Rayandra (2012) Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Refrensi Jakarta.</p><p class="DaftarPustaka">Azulay, G.T, Rusu, A.S. (2015). Parents Involement in Supporting Education of Hearing Impaired Children in Israel. InternationalJournal of Social and Behavioural Sciences. Diperoleh dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815055603</p><p class="DaftarPustaka">Besharat, M., Azizi, K. Poursharifi, H. (2011). TheRealitionship between Parenting Styles and Childrens Perfectionism in a Sample of Iranian Families. International Journal of Social and Behavioural Sciences.</p><p class="DaftarPustaka">Bintoro (2002). Dampak Ketunarunguan. File.upl.edu/direkctor/flp/jur-pemd_luar_biasa/imas Diana aprilia/bab presentasi 11.pdf (online) (http://www.ejpurnal.upl.ac.id, diakses tanggal 9 Februari 2018)</p><p class="DaftarPustaka">Dai, Y.G, et al (2018). A Video Parent Training Program Families of Children with Autism Spectrum Disorder in Albania. International Journal of Humanities and Social Sciences.</p><p class="DaftarPustaka"> </p><p class="DaftarPustaka">Derry, Sharon J., Sherin, Miriam Gamoran., &amp; Sherin, Bruce L. (2014) Multimedia Learning with Video. Cambridge University Press. Diperoleh dari https://www.cambridge.org/core/books/cambridge-handbook-of-multimedia-learning/multimedia-learning-with-video/8D188487289365077F0F7C5D42877C6.</p><p class="DaftarPustaka">Elly Sri Melinda &amp; Heryati (2013). Bina Bicara, Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung; PT. Refika Aditama.</p><p class="DaftarPustaka">Elshaiekhi, N.E (2013). Multimedia Education System for Deaf and Hear Impairment Children. International Journal of Arab Conference on Information Technology.</p><p class="DaftarPustaka">Estabrooks, W. (1994). Auditory Verbal Therapy for Parents and Professionals. Washington DC, U.S.A.: Alexander Graham Bell Association for the deaf.</p><p class="DaftarPustaka">Evitasari, Nur (2012). Persepsi Prangtua terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Gratis di SDN 1 Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011-2012. Tidak dipublikasikan)</p><p class="DaftarPustaka">Gardina, Dadang (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung : Refika Auditama</p><p class="DaftarPustaka">Haenudin (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: Luxima Metromedia.</p><p class="DaftarPustaka">Hanson, Jarice (1987). Understanding Video Apllication Impact and Theory. California : SAGE Publicationas, Inc</p><p class="DaftarPustaka">Ismiati Azizah (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika (PKDLE) Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di SMK. Jurnal UNY.</p><p class="DaftarPustaka">Jazi Eko Istiyanto (2013). Pemrograman Smartphone menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.</p><p class="DaftarPustaka">Joni Purwono, Sri Yutmini, Sri Anita (2014). Penggunaan Media Audiovisual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran vol 2 No 2 April 2014 ISSN 2754661 http://jurnal.fkip.uns.ac.id p:127-144.</p><p class="DaftarPustaka">Kustiawan, Dedy &amp; Maimulyani, Yani (2007). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus serta Implementasinya. Jakarta: Luxima Metromedia.</p><p class="DaftarPustaka">Lam-Cassettari, Christa, Wadnerkar-Kamble, Meghana B., James, Deborah M. (2015). Enhancing Parent-Children Communication and Parental Self-Esteem with a Video-Feedback Intervention : Outcomes with Prelingual Deaf and Hard-of-Hearing Children. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, v20 n3 p266-274 Jul 2015.</p><p class="DaftarPustaka">Lee, Wei Meng (2011). Beginning Android Application Developmeent. America: Wiley Publishing.</p><p class="DaftarPustaka">Leksono, S.M, Darul Islam &amp; Muhlisin Sidik, (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk SMA pada MAteri Amfibi. Surakarta: Jurnal Inovasi dan Perekayasa Pendidikan.</p><p class="DaftarPustaka">Marschark, M. (2007). Raising and Educating of Deaf Child : A Comprehensive Guide to the Choices. Controversies and Decission Faced by Parents and Educators. (2nd ed). New York : Oxford University Press, Inc.</p><p class="DaftarPustaka">Muir, Laura J. &amp; Richardson, lain E.G. (2005). Perception of Sign Language and Its Application to Visual Communication for Deaf People. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, v10 n4 p390-401 Fall 2005. Abstrak diperoleh dari https://eric.edgov/?q=communication+for+deaf&amp;id=EJ727774.</p><p class="DaftarPustaka">Munir, Zaldy (2010). Pengertian Orangtua. Bandung : PT. Refika Aditama</p><p class="DaftarPustaka">Murni Winarsih (2018). Modul PPG dalam Jabatan Pendalaman Materi Konsep dan Karakteristik Tunarungu. Jakarta: Kemenristek DIKTI.</p><p class="DaftarPustaka">Musfiqon, HM (2015). Pengembangan Media &amp; Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka</p><p class="DaftarPustaka">Muhsyanur. (2014). Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Yogyakarta : Buginese Art</p><p class="DaftarPustaka">Nawfor, C.E (2014). Use Autoplay Media in Teaching Basic Science: an Alternative to Levture Method. International Researcher vol 3 Issue no. 1 March.</p><p class="DaftarPustaka">Petrovic, D.M, Kovacevic, J. Slavnic, S (2010). Treatment and Speech Language Development at The Children with Hearing Impairments. International Journal of Social and Behavioral Sciences.</p><p class="DaftarPustaka">Poobrasert, Onintra &amp; Cerene, Nick (2017). Technology Enhanched Learning for Students with Deafness in the Digital Age. LADIS International Conference in Cognition and Exploratory Learning ini Digital Age (Celda 2008). ISBN : 978-972-8924-69-0</p><p class="DaftarPustaka">Pramono, Gatot (2017). Aplikasi Component Display Theory dalam Multimedia dan Web Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.</p><p class="DaftarPustaka">Purbaningrum, E. (2001). Pengaruh Bimbingan Ketrampilan Berbahasa terhadap Perkembangan Bahasa Abak Tunarungu Usia Prasekolah. Surabaya: UNAIR.</p><p class="DaftarPustaka">Riyana, Cheppy (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta : P3AIUPI</p><p class="DaftarPustaka">Robblyer, Doering (2015). Integrating Educational Technology into Teaching (with MyLab Education) 6th Edition. Southeastern University.</p><p class="DaftarPustaka">Rohendi, Dedi dkk (2010). Efektivitas Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Konteks terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan p.3.</p><p class="DaftarPustaka">Rusman, Kurniawan, Deny &amp; Riyana, Cepi. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta.</p><p class="DaftarPustaka">Saputri, Windriantari. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Gambar pada Anak Kelompok A di TK Bener Yogyakarta, (online) http://journal .student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/113/107 diakses tanggal 23 November 2017</p><p class="DaftarPustaka">Seng, Ciu Bun (2011). Android Dasar Pengoperasian, Optimasi sampai Modifikasi Full Colour. Jakarta: Jasakom.</p><p class="DaftarPustaka">Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Kesembilan. Penerjemah: Samosir Marianto. Jakarta: PT. Indeks.</p><p class="DaftarPustaka">Stahlman, B.L., dan Lucker, J. (1991). Effectively Educating Students with Hearing Impairments. London: Longman Publishing Group Ltd..</p><p class="DaftarPustaka">Tarigan, H. Guntur. (2013). Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung</p><p class="DaftarPustaka">Thiagarajan S. Semmel, D,S&amp;Semmel, NI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: a Sourcebook. Indiana: Indiana University</p><p class="DaftarPustaka">Valente, J.M. (2019). A deaf Lens: Adapting Video-cued Multimedia Ethnography for the œKindergaten foter the Deaf in Three Countries Project. International Journal of Antrhopology and Education Quarterly</p><p class="DaftarPustaka">Zainuren, Y.R.U (2014) Orangtua berperan terhadap Penanaman Nilai Kejujuran Anak dalam Lingkungan Masyarakat di Dusun I dan II Desa Teba Jawa Kabupaten Pesawaran Tahun 2013. Diperoleh dari http://digilip.unila.ac.id/943/BAB%2011.pdf<strong></strong></p>

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Indriyati, A., & Sujarwanto, S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Orangtua Dalam Intervensi Keterampilan Berbahasa Siswa Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(2), 52–61. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14406

Issue

Section

Articles
Abstract views: 343 , PDF Downloads: 214