Pengembangan Panduan Parenting Self Care Untuk Anak Autistic Spectrum Disorder Berbasis Aplikasi Mobile Learning
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21883Abstract
Panduan self care untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi mobile learning sebagai sarana pengembangan panduan self care untuk anak autistic spectrum disorder. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan spesifikasi Produk panduan self care untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi mobile learning dengan : (1) menguji kevalidan atau kelayakan produk panduan self care untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi mobile learning, (2) dan kepraktisan produk panduan parenting self care untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi mobile learning. Dalam penelitian ini, bila ditinjau dari tahapan penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) dengan mengadaptasi model 4D yaitu define, desighn, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan define, design, dan develop. dengan teknik pengumpulan data dengan kuisioner, dan teknik analisis data menggunakan penghitungan skor rata-rata. Uji validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji validitas ahli media menyimpulkan bahwa produk memperoleh 100% berada pada kategori sangat layak. Sedangkan, uji validitas materi memperoleh 88% berada pada kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari 4 responden mendapatkan hasil rata-rata 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan self care untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi mobile learning layak dan mudah digunakan oleh orang tua.
Katakunci: self care, mobile learning, autistic spectrum disorder