Penggunaan Media Multisensori dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Anak Hambatan Intelektual
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.35342Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media multisensori dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada anak-anak dengan hambatan intelektual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas IX tunagrahita di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan media gambar, explosion box, dan sedotan. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian tugas, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase perubahan skor sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, keterampilan aplikatif, dan kreativitas siswa setelah penerapan media multisensori, terutama media sedotan yang terbukti sangat efektif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media multisensori dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis siswa dengan hambatan intelektual
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

