Penggunaan Media Multisensori dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Anak Hambatan Intelektual

Authors

  • Alifia Rizka Rahmanda PLB, PPG, UNESA
  • Wiwik Widajati Universitas Negeri Surabaya
  • Erna Widyastuti SLB Negeri Seduri Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.35342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media multisensori dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada anak-anak dengan hambatan intelektual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas IX tunagrahita di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan media gambar, explosion box, dan sedotan. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian tugas, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase perubahan skor sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, keterampilan aplikatif, dan kreativitas siswa setelah penerapan media multisensori, terutama media sedotan yang terbukti sangat efektif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media multisensori dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis siswa dengan hambatan intelektual

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Rahmanda, A. R., Widajati, W., & Widyastuti, E. (2024). Penggunaan Media Multisensori dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Anak Hambatan Intelektual. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 4(2), 24–31. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.35342
Abstract views: 129 , PDF Downloads: 103