Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan dengan Pendekatan Multirepresentasi Berbasis Web Bagi Peserta Didik SMPLB Tunarungu

Authors

  • Reza Akbar Fauzan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliyati Yuliyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu, (2) menganalisis kelayakan produk pengembangan media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu, (3) menemukenali kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu, (4) menemukenali keefektifan produk pengembangan media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu. Penelitian ini menggunakan model prosedural ADDIE. Pada penelitian ini, media pembelajaran matematika materi pecahan sudah terbukti layak menurut ahli materi dengan perolehan nilai 83%, terbukti sangat layak menurut ahli media dengan perolehan nilai 89%, dan terbukti praktis menurut praktisi dengan perolehan nilai 93%, serta hasil keefektifan yang memperoleh nilai rentang mean 0,6 dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik tunarungu. Media pembelajaran matematika materi pecahan dapat diakses menggunakan handphone dan laptop yang terhubung dengan jaringan internet.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Siswa Tunarungu.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Fauzan, R. A., Wijiastuti, A., & Yuliyati, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan dengan Pendekatan Multirepresentasi Berbasis Web Bagi Peserta Didik SMPLB Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21895

Issue

Section

Articles
Abstract views: 346 , PDF Downloads: 347