Pengembangan Instrumen Assesmen Berbasis Literasi Sains Materi Gaya dan Gerak Bagi Siswa SMPLB Tunarungu

Authors

  • Rina Dwi Kurniawati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliyati Yuliyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14350

Abstract

Rendahnya kemampuan berkomunikasi verbal anak autis dalam kehidupan sehari-hari dan kurangnya pemahaman orangtua tentang cara mengajarkan komunikasi verbal tersebut, menjadi kendala perkembangan berkomunikasi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan parenting berbasis android bagi orangtua dalam mengajarkan komunikasi verbal pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap pengembangan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga belum memungkinkan untuk dilakukan penyebaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan parenting berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan sehingga layak digunakan. Aspek kevalidan ditunjukkan hasil validasi media sebesar 77%, dan hasil validasi materi sebesar 78,6%. Berdasarkan nilai uji validitas dapat diinterpretasikan bahwa panduan parenting berbasis android untuk meningkatkan komunikasi verbal anak spektrum autis valid untuk diimplementasikan secara terbatas dan di evaluasi kembali.

 

Kata Kunci: Parenting, Android, Komunikasi, Anak Autis

Author Biographies

Rina Dwi Kurniawati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Lar Biasa

Asri Wijiastuti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa

References

<p>Arikunto, S. (2010). <em>Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Black, R.W. (2008). œJust don't call them cartoons: The new literacy spaces of anime, manga, and fanfiction dalam J. Coiro, M. Knobel, C. Lankshear, dan DJ. Leu (Eds.), The Handbook Of Research On New Literacies, New York: Routledge, hal. 583-610.</p><p>Budiyanto.2017.<em>Pengantar Pendidikan  Inklusif.</em>Jakarta: Prenadaedia Group</p><p>Coiro, J., Knobel, M., Lankshear, C, &amp; Leu, DJ. (2008). œCentral issues in new literacies and new literacies research dalam J. Coiro, M. Knobel, C. Lankshear, dan DJ. Leu (Eds.), Handbook of Research on New Literacies New York: Routledge, hal. 1-22.</p><p>Dick, W., Carey, L.,&amp; Carey,JO. (2009). <em>Desain Sistematis. Saddle AtAS, River, New Jersey: Pearson Press.</em></p><p>Diundahhttps://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/year/2019/docId/125643</p><p>Dorvlo, S.S. P.S., (2016). Information Literacy Among Post Graduate Students Of The University Of Ghana. <em>Library Philosophy &amp; Practice</em>.</p><p>European Commission.(2009).<em>Study On Assesment Criteria For Media Literacy Levels.</em>Diunduh 22 Oktober.2019.https://ec.europa.eu</p><p>Firdausi, A., Purbaningrum, E. and Murtadlo, M., 2021. Media Video Pembelajaran Materi Perubahan Cuaca Dalam Learning Management System Berbasis Web Bagi Siswa Tunarungu. <em>Grab Kids: Journal Of Special Education Need</em>, <em>1</em>(1).</p><p>Gadow, K.D., (2018). <em>Children on Medication Volume I: Hyperactivity, Learning Disabilities, and Mental Retardation</em>. Routledge.</p><p>Hobbs, R. (2011). Empowering learnes with digital and media literacy. Knowledge Quest vol. 39 no. 5, hal. 12 - 17</p><p>Iriantara, Yosal.(2009).<em>Literasi Media: Apa, Mengapa, dan Bagaimana.</em> Bandung: Simbiosa Rekataman Media.</p><p>Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016)<em>.Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Luar Biasa.</em>Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah</p><p>Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2016) .<em>Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Luar Biasa</em>.Jakarta: Kemendibud. Diunduh 18 Oktober 2019, https://dikdasmen.kemendikbud.go.id)</p><p>Kuntze, Marlon; Golos, Debbie; Enns, Charlotte. Sign Language Studies, Winter.(2014), Vol. 14 Issue 2, p203-224, 22p, 1 Diagram; DOI: 10.1353/sls.2014.0002, Database: Humanities Source</p><p>Kurniawati, Rina.(2018).<em>Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di SMPLB-B YPTB Malang</em>. Skripsi: Universitas Negeri Malang.</p><p>Lutfiah.(2011).<em>Pengkuran Tingkat Literasi  Media Berbasis Individual Competence</em>.Diunduh 22 Oktober 2019.https://www.academia.edu/6496618/P.</p><p>McKenzie, Uniqe Considerations for Assessing the Learning Media of Students Who Are Deaf-Blind <em>Journal of Visual Impairment &amp; Blindness</em>, April 2009, Vol. 103 Issue 4, p241-245, 5p, Database: Education Source</p><p>Moses, Annie; Golos, Debbie; Bennett, Colleen. Early Childhood <strong>Education</strong> Journal, Nov (2015), Vol. 43 Issue 6, p485-494, 10p, 3 Color Photographs, 2 Charts; DOI: 10.1007/s10643-015-0690-9, Database: Education Source</p><p>Mukhopadhyay,  S.,  &amp;  Moswela,  E.  (2010).  Inside</p><p>Mulyaningtyas.(2019). Pendekatan Integratif Eksternal Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peristiwa Alam Daerah Jawa TimurSiswa Tunarungu. <em>Jurnal Pendidikan Khusus</em>, <em>11</em>(3).</p><p align="left">practice  of  science  teachers  for  students  with  hearing impairments   in   botswana   primary schools. International    Journal    of    Special Education</p><p>Slobodzian, Jean T.. Journal of Special <strong>Education</strong> Technology,(2009), Vol. 24 Issue 4, p47-53, 7p, 2 Black and White Photographs, Database: Education Sourc</p><p>Suyono.(2009). Dimensi Jenjang dan Assesmen perilaku berliterasi siswa di sekolah. <em>Jurnal Ilmu Pendidikan,</em>journal.um.ac.idVo14, No 2 (2007) <em>uksw educatin</em>.<em></em></p>

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Kurniawati, R. D., Wijiastuti, A., & Yuliyati, Y. (2023). Pengembangan Instrumen Assesmen Berbasis Literasi Sains Materi Gaya dan Gerak Bagi Siswa SMPLB Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14350

Issue

Section

Articles
Abstract views: 384 , PDF Downloads: 306