Hubungan antara Self Efficacy dan Kreativitas dengan Minat Berwirausaha
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptt.v5n2.p80-89Keywords:
Self Efficacy, kreativitas, minat wirausahaAbstract
The purpose of this research is to examine the correlation between self efficacy and interest in entrepreneurship, the correlation between creativity and interest in entrepreneurship and, the correleation between self efficacy and creativity with interest in entrepreneurship. This research used quantitative approach with correlation method. Scales of self efficacy, creativity and entrepreneurship were given to 82 college students of School of Psychology from four different years who were selected using random technique sampling. This research applies 5% significant level. The data were analyzed using product moment, and multiple-correlation test. The significant value from correlation between self-efficacy and interest in entrepreneurship is 0,000, with correlation index of 0.703, which means that there is a significant relationship between self-efficacy and interest in entrepreneurship. The significant value from correlation between creativity and interest in entrepreneurship is 0,008, with correlation index of 0.292. It can be concluded that there is a significant relationship between creativity and interest in entrepreneurship. The result of multiple-correlation test shows correlation coefficient between self efficacy and creativity with entrepreneurship as much as 0,757 and Fh (57,2) > Ftabel (3,112). Therefore, it can be concluded that there is a significant correlation between self efficacy and creativity with interest in entrepreneurship.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficaccy dengan minat berwirausaha, hubungan kreativitas dengan minat berwirausaha, dan hubungan self efficaccy dan kreativitas dengan minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Skala self efficacy, skala kreativitas, dan skala minat berwirausaha diberikan kepada 82 subjek penelitian, yaitu mahasiswa Psikologi dari 4 angkatan yang dipilih dengan teknik random sampling. Peneliti menggunakan taraf kesalahan 5% dan metode analisis data korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Analisis data menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara self efficacy dengan minat berwirausaha sebesar 0,000, dengan indeks korelasi sebesar 0,703. Terdapat hubungan yang signifikan pula antara kreativitas dengan minat berwirausaha sebesar 0,008, dengan indeks korelasi sebesar 0,292. Hasil uji korelasi ganda menunjukkan koefisien korelasi antara self efficacy dan kreativitas dengan minat berwirausaha sebesar 0,757, dan Fh (57,2) > Ftabel (3,112), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dan kreativitas dengan minat berwirausaha.
References
Alma. B. (2011). Kewirausahaan. Jakarta : Alfabeta
Aritonang, K T. (2008). Minat dan Motivasi dalam MeningkatkanHasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 10 (7) hlm 17-25
Ariyanti, F. (2013). Jumlah Wirausaha RI Masih Kalah dari Malaysia. http://bisnis.liputan6.com/read/515000 /jumlah-wirausaha-ri-masih-kalah-dari-malaysia [online] diakses pada Senin 13 Mei 2013
Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Badan Pusat Statistik. (2013). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. http://www.bps.go.id/download_ file/IP_April_2013.pdf [online] diakses pada Minggu 12 Mei 2013
Bank Indonesia. (2012). Laporan Perekonomian Indonesia. http://www.bi.go.id/web/id/Publikasi/Laporan+Tahunan/Laporan+Perekonomian+Indonesia/LPI_2012.html [online] diakses pada Minggu 12 Mei 2013
Banu, B. (2009). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis 14 (2) hlm 100-122
Baron, R. A dan Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial, edisi terjemahan. Jakarta : Erlangga
Darpujiyanto. (2010). Pembelajaran yang Menumbuhkan Minat Mahasiswa Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIA 5 (1) hlm 22-30
Hadisoegondo, S. (2006). Upaya Penumbuhan Wirausaha Baru: Masalah dan Pendekatannya. Jurnal Infokop Nomor 29 Tahun XXII hlm 49-57
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausaan 13 (1) hlm 8-15
Hasan, E F. (2013). Korelasi Kemampuan Perbaikan dan Perawatan Sepeda Motor dan Kreativitas terhadap Minat Berwirausaha di Bidang Perbengkelan pada Siswa Kelas X Program Teknik Kendaraan Ringan SMK
Dian Kirana 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Teknologi Pendidikan 1 (2) hlm 214-225
Henri, S S. (2013). Jumlah Wirausaha Turun Drastis. http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/07/2/151943/Jumlah-Wirausaha-Turun-Drastis [online] diakses pada Kamis 20 Juni 2013
Indarti, N. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 23 (4) hlm 1-27
Jumlah Penduduk Indonesia. (2013). www.google.com/publicdata [online] diakses pada Kamis 11 Juli 2013
Lukmayanti, A. (2012). Hubungan Efikasi Diri dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Mawardi, D. (2010). Belajar Goblok dari Bob Sadino : Tanpa Tujuan, Tanpa Rencana, Tanpa Harapan. Jakarta. Kintamani
Mujiadi. (2003). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta
Murwani, A. (2013). Faktor Penentu Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri : Studi Perbandingan Mahasiswa USU, UNIMED dan IAIN. Jurnal Keuangan dan Bisnis 5 (1) hlm 15-29
Pamungkas, S. (2007). Minat Berwiraswasta pada Mahasiswa ditinjau dari Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi. [Sripsi]. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata
Puri, Y S. (2013). Hubungan Antara Adversity Quotient dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Pemasaran di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 1 (1) hlm 1-20
Robbins. (2007). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Jiilid 1. Jakarta: Prenhallindo.
Rumawouw, G J. (2010). Praktek Wirausaha Bagi Mahasiswa dalam Meningkatkan Ekonomi. Aptekindo hlm 563-576
Santoso. (1993). Kompetisi dan Kepercayaan Diri Remaja. Yogyakarta: Liberty
Sekertariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus. (2011). Ekonomi Indonesia. http://kek.ekon.go.id/index.php/in/tentang-indonesia/ekonomi.html [online] diakses pada Minggu 12 Mei 2013
Sekertariat Kabinet Repulik Indonesia. (2013). Survei BI: Masyarakat Optimistis Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini. http://setkab.go.id/berita-7952-survei-bi-masyarakat-optimistis-terhadap-kondisi-ekonomi-saat-ini.html [online] diakses pada Minggu 12 Mei 2013
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat
Universitas Gajah Mada. (2011). UGM Cetak Lulusan Siap Kerja. http://www.ugm.ac.id/index.php?page=head line&artikel=351 [online] diakses pada Minggu 12 Mei 2013
Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 1 (1) hlm 1-20
Yudha, W (2013). 360 Ribu Sarjana Jadi Pengangguran. http://news.okezone.com/read/2013/05/29/337/814724/360-ribu-sarjana-jadi-pengangguran [online] diakses pada Kamis 30 Mei 2013
Yudhistira. (2011). Berhentilah Sekolah Sebelum Terlambat. http://edukasi.kompas.com/read/2011/04 /08/10450289/ [online] diakses pada Minggu 12 Mei
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

