DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p56-63

PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENELAAHAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Hermin Budiningarti, Nadi Suprapto, Setyo Admoko

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah perangkat pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa. Melalui perkuliahan Teaching Learning Process 3 (TLP 3) yang berisi pengkajian tentang model-model pembelajaran selama ini disajikan secara teoritis melalui tatap muka, pemodelan, workshop, dan praktek pembelajaran dalam forum, perangkat tersebut dioptimalkan. Standar kompetensi mata kuliah tersebut adalah mahasiswa terampil merancang dan mengelola proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi kelas (class discussion),  penemuan terbimbing (guided discovery), dan pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning). Kompetensi ini akan lebih mudah tercapai bilamana mahasiswa sebelumnya dibekali dengan kemampuan menilai sebuah perangkat pembelajaran terkait kesesuaiannya dengan model pembelajaran yang diterapkan. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran berdasarkan masalah (PBI) karya mahasiswa terdahulu dinilai oleh mahasiswa dan dosen dengan menggunakan instrumen yang sama (IPKG1) menghasilkan penilaian X1 dan X2. Setelah itu mahasiswa merancang perangkat pembelajaran model PBI dan dinilai oleh dosen menggunakan IPKG1 dan menghasilkan penilaian Y1. Perangkat pembelajaran PBI yang telah dihasilkan kemudian disimulasikan oleh mahasiswa dan dinilai oleh dosen dengan menggunakan IPKG2 menghasilkan penilaian Y2. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menghasilkan beberapa temuan: 1) Tingkat kesesuaian penilaian perangkat PBI oleh mahasiswa dan dosen cukup tinggi dengan korelasi yang tinggi, 2) Keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran berdasarkan masalah untuk skala 0-100 berada pada kisaran 77,94-97,06 dengan rata-rata 87,04 yang berarti baik. Penilaian contoh perangkat oleh mahasiswa dan dosen tidak berkorelasi dan tidak memberikan dampak atas keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran model PBL, 3) Keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan model PBL untuk skala 0-100 berada pada kisaran 78-90 dengan rata-rata 82,69 yang berarti baik. Hubungan antara keterampilan pengembangan perangkat yang telah dilakukan mahasiswa dan keterampilan melaksanakan pembelajaran menunjukkan korelasi yang signifikan.


Keywords


proses belajar mengajar; materi pembelajaran; PBL

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta; 2010.

Matondang Z. Analisis Jalur (Path analysis). Medan: PPs-UNIMED; 2012.

Munir AR. Aplikasi Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan SPSS Versi 12 (pdf). Makasar: Lab Kompetensi Manajemen UNHAS; 2011.

Budayasa IK. Teori Belajar Perilaku (BUKU I). Ed 2. Disadur dari Chapter Behavioral Learning Theory Buku Study Guide for Slavin Educational Pshychology Theory and Practice: Fifth Edition oleh Charles Alberti & Catherine E. McCartney. Allyn and Bacon. Surabaya: IKIP Surabaya; 2000.

Ibrahim M dan Nur M. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press; 2005.

Anderson LW dan Krathwohl DR (Eds). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman; 2001.

Thiagarajan S, Semmel D, and Semmel MI. Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Source Book Bloomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped; 1974.

Dick W. dan Cary L. The Systematic Design of Instruction, Third Edition, Harper Collins; 1990.

Suprapto N dan Dwikoranto. Development of learning materials with Socratic model at history of physics. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2011; 1(1): 14-22.



Article Metrics
Abstract view: 932 times
PDF: 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Universitas Negeri Surabaya
the State University of Surabaya
Website: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa
Email: jpfa@unesa.ac.id

in collaboration with:

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Indonesian Society for Science Educators
Website: http://ppii.or.id/
SK Kemkumham: pdf
MoA JPFA-PPII: pdf

Physical Society Indonesia (PSI)
Website: http://www.fisika.or.id/
MoA JPFA-PSI: pdf


Supporting Organization

Asosiasi MIPA LPTK Indonesia
Himpunan Fisika Indonesia (HFI) cabang Surabaya

 

 

Copyright (c) Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)

ISSN 2477-1775 (Online) and ISSN 2087-9946 (Print)