PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENELAAHAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Authors

  • Hermin Budiningarti Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Surabaya
  • Nadi Suprapto Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Admoko Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p56-63

Keywords:

proses belajar mengajar, materi pembelajaran, PBL

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah perangkat pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa. Melalui perkuliahan Teaching Learning Process 3 (TLP 3) yang berisi pengkajian tentang model-model pembelajaran selama ini disajikan secara teoritis melalui tatap muka, pemodelan, workshop, dan praktek pembelajaran dalam forum, perangkat tersebut dioptimalkan. Standar kompetensi mata kuliah tersebut adalah mahasiswa terampil merancang dan mengelola proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi kelas (class discussion),  penemuan terbimbing (guided discovery), dan pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning). Kompetensi ini akan lebih mudah tercapai bilamana mahasiswa sebelumnya dibekali dengan kemampuan menilai sebuah perangkat pembelajaran terkait kesesuaiannya dengan model pembelajaran yang diterapkan. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran berdasarkan masalah (PBI) karya mahasiswa terdahulu dinilai oleh mahasiswa dan dosen dengan menggunakan instrumen yang sama (IPKG1) menghasilkan penilaian X1 dan X2. Setelah itu mahasiswa merancang perangkat pembelajaran model PBI dan dinilai oleh dosen menggunakan IPKG1 dan menghasilkan penilaian Y1. Perangkat pembelajaran PBI yang telah dihasilkan kemudian disimulasikan oleh mahasiswa dan dinilai oleh dosen dengan menggunakan IPKG2 menghasilkan penilaian Y2. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menghasilkan beberapa temuan: 1) Tingkat kesesuaian penilaian perangkat PBI oleh mahasiswa dan dosen cukup tinggi dengan korelasi yang tinggi, 2) Keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran berdasarkan masalah untuk skala 0-100 berada pada kisaran 77,94-97,06 dengan rata-rata 87,04 yang berarti baik. Penilaian contoh perangkat oleh mahasiswa dan dosen tidak berkorelasi dan tidak memberikan dampak atas keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran model PBL, 3) Keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan model PBL untuk skala 0-100 berada pada kisaran 78-90 dengan rata-rata 82,69 yang berarti baik. Hubungan antara keterampilan pengembangan perangkat yang telah dilakukan mahasiswa dan keterampilan melaksanakan pembelajaran menunjukkan korelasi yang signifikan.

References

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta; 2010.

Matondang Z. Analisis Jalur (Path analysis). Medan: PPs-UNIMED; 2012.

Munir AR. Aplikasi Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan SPSS Versi 12 (pdf). Makasar: Lab Kompetensi Manajemen UNHAS; 2011.

Budayasa IK. Teori Belajar Perilaku (BUKU I). Ed 2. Disadur dari Chapter Behavioral Learning Theory Buku Study Guide for Slavin Educational Pshychology Theory and Practice: Fifth Edition oleh Charles Alberti & Catherine E. McCartney. Allyn and Bacon. Surabaya: IKIP Surabaya; 2000.

Ibrahim M dan Nur M. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press; 2005.

Anderson LW dan Krathwohl DR (Eds). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman; 2001.

Thiagarajan S, Semmel D, and Semmel MI. Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Source Book Bloomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped; 1974.

Dick W. dan Cary L. The Systematic Design of Instruction, Third Edition, Harper Collins; 1990.

Suprapto N dan Dwikoranto. Development of learning materials with Socratic model at history of physics. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2011; 1(1): 14-22.

Downloads

Published

2015-12-05

How to Cite

Budiningarti, H., Suprapto, N. and Admoko, S. (2015) “PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENELAAHAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), pp. 56–63. doi: 10.26740/jpfa.v5n2.p56-63.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1311 , PDF Downloads: 804