PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISKUSI DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n1.p30-36Keywords:
Model diskusi, kecerdasan interpersonal, hasil belajar.Abstract
Model pembelajaran diskusi menitikberatkan pada keaktifan siswa. Dalam model pembelajaran diskusi, diperlukan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain. Dengan demikian, secara teori, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model diskusi memerlukan kecerdasan interpersonal yang tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model diskusi dengan pembelajaran biasa; kecerdasan interpersonal siswa tinggi dan rendah; serta interaksi antara keduanya. Penelitian ini menggunakan control group post-test,yakni menggunakan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diuji hasil belajar siswa dengan soal formatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran fisika model diskusi dengan pembelajaran biasa; tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi dan rendah; dan terdapat interaksi antara model pembelajaran diskusi dengan kecerdasan interpersonal siswa terhadap hasil belajar.
References
Suparno, Paul (2008), Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakarta : Kanisius, p.41.
Tjokrodihardjo, Soegijo (2000), Diskusi Kelas, Surabaya : UNESA, p.5.
Gunawan, Adi W. (2007), Born to be a Genius, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, p.114 115.
Prasetyo, Reza dan Yeni Andriani (2009), Multiply Your Multiple Intelligences, Yogyakarta : Andi, p.51-55.
Deta, Utama Alan, dkk (2009), Penerapan Teori Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Fisika SMP Kelas VIII Semester 2 Bab Bunyi, diseminarkan dalam the International Seminar and Workshop on Mathematics and Science Teaching Innovation Committee di UNY Yogyakarta tahun 2009, p.3.
Ninggar, Dwi Fatimah C. (2011), Pengaruh Penerapan Tutor Sebaya (Peer Tutor) dalam Model Pembelajaran Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Magetan, Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya, p.63-64.
Arikunto, Suharsimi (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI), Jakarta : PT Rineka Cipta, p.86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.