DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DAN FAKTOR PENYEBABNYA DALAM MEMAHAMI MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 2 BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n1.p44-53Keywords:
kesulitan belajar, listrik dinamis, faktor penyebabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesulitan belajar peserta didik dan faktor penyebabnya dalam memahami materi listrik dinamis kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan soal tes, dan teknik komunikasi tidak langsung dengan angket respon. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Kesulitan yang dialami peserta didik dengan kriteria tinggi yaitu pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff dengan persentase sebesar 71,42 % dan energi serta daya hantar listrik dengan persentase sebesar 63,68 %, sedangkan untuk sub pokok bahasan dengan kriteria cukup tinggi yaitu pada sub pokok bahasan Hukum Ohm dan hambatan suatu konduktor dengan persentase sebesar 58,03 %, arus, tegangan, dan hambatan listrik dengan persentase sebesar 53,35 %, rangkaian resistor seri dan paralel dengan persentase sebesar 53,57 %.;(2) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik, sedangkan faktor ekstern yaitu kurangnya variasi media dan metode pembelajaran.References
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.
Arief, Meizuvan Khoirul; Handayani, Langlang; Dwijayanti, Pratiwi. Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika pada Siswa RSBI Studi Kasus di RSMABI se-Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal. 2012; 1(2): 5-10. DOI: <a href="http://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1354">http://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1354</a>.
Nawawi H. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2007.
Arikunto S dan Jabar CSA. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara; 2010.
Yudhawati R, et al. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka; 2011.
Aunnurrahman. Belajar dan Pembelajaran Memadukan Teori-teori Klasik dan Pandangan Kontemporer. Bandung: Alfabeta; 2009.
Aritonang dan Keke T. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 2008; 7(10): 11-21. Terdapat pada: <a href="http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No10-Thn7-Juni2008.pdf">http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No10-Thn7-Juni2008.pdf</a>.
Djamarah dan Zain. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.
Rosdiana. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Disertasi Doktor. Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2007.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.