Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Guru Akuntansi SMK Negeri di Surabaya

Main Article Content

Ianaturodiah Ianaturodiah
Eko Wahjudi

Abstract

Guru adalah komponen paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru merupakan tenaga profesional yang melaksanakan tugas utamanya sebagai pendidik. Profesionalisme guru ditunjukkan dari hasil kinerjanya. Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Faktor-faktor yang diduga dapat meningkatkan kinerja guru adalah efikasi diri dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji motivasi memediasi pengaruh efikasi diri terhadap kinerja guru pada guru akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi guru akuntansi SMK Negeri di Surabaya dengan jumlah sebanyak 45 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu seluruh anggota populasi akan dijadikan sebagai responden. Instrument yang digunakan dalam berupa kuesioner tertutup. Hasil penelitian ini menunjukkan a) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kinerja guru; b) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi kerja; c) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; d) motivasi kerja memediasi pangaruh efikasi diri terhadap kinerja guru.

Article Details

How to Cite
Ianaturodiah, I., & Wahjudi, E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Guru Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 113–126. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p113-126
Section
Articles

References

Cherian, J., & Jacob, J. (2013). Impact of Self Efficacy on Motivation and Performance of Employees. 8(14), 8088. https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n14p80

Fajriah, N., & Darokah, M. (2016). Pengaruh Efikasi Diri Dan Persepsi Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Mediator Pada Karyawan Bmt Bif Yogyakarta. Humanitas, 13(1), 37. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3841

Gunawan, K. J., & Susanto, E. M. (2013). Pengaruh Budaya Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Self Efficacy Dan Temperamen Di Pt. Nutrifood Surabaya. Agora, 1(1).

Herawaty, D. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 7185. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.71-85

Khan, M. (2013). Academic Self-Efficacy , Coping , and Academic Performance in College. 5(October). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7710/2168-0620.1006

Liana, L., Rijanti, T., & Herdiyanto. (2016). Pengaruh Motivasi dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Tranformasional ( Studi pada Guru-Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan ). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U) Ke-2, 724731.

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru (2nd ed.; N. N. Muliawati, ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noviawati, D. R. (2016). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Divisi Finance dan Human Resources PT. Coca-Cola Distribution Indonesia, Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3), 112.

Oktaviana, D., Sari, E., & Kahar, A. (2018). Pengaruh Kebijakan Rotasi Kerja dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Di Jakarta Timur. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pratiwi, S. D. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1).

Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal.Pekalongankota.Go.Id, 13, 106117.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafii, I. (2011). Pengaruh Self Efficacy dan Aspek-Aspek Demografi terhadap Motivasi Kerja Pegawai Badan Penghubung Provinsi Riau.

Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru (I. Saiful, ed.). Jakarta: Gaung Persada.